JADWAL PRESENTASI
MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK MAHASISWA PGMI SEMESTER VI
Waktu
|
Penyaji
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
Kelas A
|
Kelas B
|
Kelas C
|
|||
Minggu I
|
Ima Rahmawati
|
Indah Setianingsih
|
Rifky Zakiyatul A.
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu
memahami pengertian, tujuan, latar
belakang, dan ruang lingkup pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
pengertian pembelajaran tematik
2. Menjelaskan tujuan
pembelajaran tematik
3. Menjelaskan latar
belakang dan kurikulum pembelajaran tematik
4.
Menjelaskan ruang lingkup pembelajaran tematik
|
Qurotul Akyunin
|
|||||
Nina Veronika
|
Lailatul Badriyah
|
Nur Hasanah
|
|||
Wahyu Wulandari
|
|||||
Minggu II
|
Umi Lailatun N.
|
Erni Muzayanah
|
Zayin Miftakul A.
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu memahami landasan dan kurikulum
pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
landasan filosofis pembelajaran tematik
2. Menjelaskan
landasan psikologis pembelajaran tematik
3. Menjelaskan
landasan yuridis pembelajaran tematik
4.
Menjelaskan kurikulum yang digunakan dalam
pembelajaran tematik
|
Mar’atush Sholihah
|
|||||
Windi Astuti
|
Dwi Lestari
|
Restu Yulia
|
|||
Rista Dewi
|
|||||
Minggu III
|
Nita Puji
|
Amida J.
|
Andri Purnomo
|
Mahasiswi dan mahasiswa memahami pembelajaran tematik di madrasah
ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menganalisis
karakteristik pembelajaran tematik
2. Mengidentifikasi
prinsip-prinsip dasar pembelajaran tematik
3. Menjelaskan prinsip
pelaksanaan atau rambu-rambu pembelajaran tematik
4. Menganalisis
implikasi pembelajaran tematik
5. Menganalisis
langkah-langkah pembelajaran tematik
6.
Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan
pembelajaran tematik
|
Nur Endah
|
Latifah Dwi L.
|
Eka Nurlaela
|
|||
Minggu IV
|
Mutma’innatul F.
|
Yanti Mustikasari
|
Anis Wahdana
|
Mahasiswa dan mahasiswi dapat memahami model pembelajaran tematik di
madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Mengidentifikasi
jenis-jenis model pembelajaran tematik
2.
Menjelaskan pentingnya nilai-nilai Islam ke
dalam pembelajaran tematik
|
Rifky Rosdiana
|
Intan Wijayanti
|
||||
Minggu V
|
M. Davit
|
Dwi Wahyuningdyah
|
Ita Hikayati
|
Mahasiswa dan mahasiswi dapat memahami konsep dasar pemetaan tema dalam pembelajaran
tematik di madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
pengertian pemetaan tema
2. Menjelaskan cara
menentukan tema dalam pembelajaran tematik
3.
Mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan
dan pemilihan tema
|
Hanifah Ulfa
|
M. Ridwan Fauzi
|
||||
Minggu VI
|
Viki Dwi C.
|
Sri Lestari
|
Ulfatur Rosyidah
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang pemetaan tema dalam pembelajaran
tematik di madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjabarkan standar
kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam indikator
2.
Membuat pemetaan keterhubungan kompetensi dasar
dan indikator ke dalam tema-tema pembelajaran
|
Meida Dwi R.
|
Joko Susilo
|
||||
Minggu VII
|
Amalina
Hasyiati
|
Tri Joko
|
Imra Atussholehah
|
Mahasiswa
dan mahasiswi dapat merancang jaringan tema pada pembelajaran tematik di madrasah
ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan hakikat
jaringan tema
2. Membuat jaringan
tema
|
Marini
Agustina
|
Tri Lestari
|
Abdul Aziz
|
|||
Minggu VIII
|
Siti Lailatul B.
|
Ernia Rista
|
Ajidah Nur R.
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun materi pokok dalam pembelajaran
tematik di madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menganalisis
cakupan materi dari kompetensi dasar dan indikator mata pelajaran yang
terjaring dalam satu tema
2.
Menyusun materi pokok untuk satu tema
pembelajaran
|
Husnul Khotimah
|
M. Iwan
|
||||
Minggu IX
|
Nadia Okta
|
Nursid C. H.
|
Qurotul A’yuni
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang strategi pembelajaran tematik di madrasah
ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
strategi pembelajaran tematik
2.
Merancang strategi pembelajaran tematik
|
Nurfauzana
|
Syafa’atul Etikasari
|
||||
Minggu X
|
Tafratussaniyati
|
Amim Imroatul K.
|
Hidayatussayyidah
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu mengembangkan media pembelajaran tematik di
madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
karakteristik media dan sumber belajar untuk pembelajaran tematik
2. Menyusun lembar
kegiatan siswa pada pembelajaran tematik
3.
Membuat media pembelajaran tematik
|
Lusy Hartanti
|
Iwan K.
|
||||
Minggu XI
|
Imam Dardiri
|
Nuraini
|
Niswatun
Hasanah
|
Mahasiswa dan
mahasiswi mampu merancang penilaian dalam pembelajaran tematik di
madrasah ibtidaiyah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
prinsip-prinsip penilaian pembelajaran tematik
2. Menjelaskan
prosedur penilaian pembelajaran tematik
3. Menentukan
jenis-jenis penilaian dari setiap indikator yang ditentukan
4. Menyusun instrumen
penilaian tes dalam pembelajaran tematik
5. Menyusun instrumen
penilaian nontes dalam pembelajaran tematik
6.
Mempraktekkan penggunaan penilaian dalam
pembelajaran tematik
|
Puthut
Wahyuningtyas
|
Wiwik
Puspitasari
|
||||
Minggu XII
|
Kiki Wulandari
|
Arlin Hermawati
|
M. Nusthon Nawawi
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun silabus pembelajaran tematik
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Memahami
pengembangan silabus pembelajaran tematik
2. Menetapkan standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang
dapat disatukan dalam satu tema tertentu
3. Merumuskan
indikator keberhasilan belajar
4. Mengidentifikasi
materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
5. Menentukan
pengalaman belajar yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
6. Menentukan jenis
penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
7. Menentukan alokasi
waktu yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
8. Menentukan media
pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar dan
indikator
9. Menyusun silabus
pembelajaran tematik
|
Siti Fatonah
|
Siti Munawaroh
|
Dwi Putri
|
|||
Minggu XIII
|
Ulung Duwita
|
Rudianto
|
Ochtia Ayu
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun RPP tematik
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian RPP tematik
2. Menjelaskan komponen RPP tematik
3. Mengidentifikasi perbedaan RPP mata pelajaran dan RPP tematik
4.
Menyusun RPP tematik
|
Yunita Ardilla
|
Feriyananingtyas
|
Didik Setiawan
|
|||
Minggu XIV
|
Siti Muslikah
|
Sunardi
|
Nafi Nur L.
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang jadwal pelajaran dalam
pembelajaran tematik
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1. Merancang jadwal
pembelajaran tematik dengan mata pelajaran
2.
Merancang jadwal pembelajaran tematik secara
terintegrasi
|
Desmam Trisandisa
|
Arif Hidayatulloh
|
||||
|
|
|
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu mengimplementasikan RPP tematik dalam
kegiatan pembelajaran
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Mempraktekkan pembelajaran tematik dengan peer teaching
2.
Menganalisis hasil pelaksanaan
pembelajaran tematik
3. Menentukan rencana tindak lanjut perbaikan pembelajaran
tematik
|