JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH TEORI BILANGAN
No.
|
Standar Kompetensi
|
Indikator
|
Penyaji
|
Waktu
|
1.
|
Mahasiswa mampu memahami pengertian barisan dan basis
bilangan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Memberikan pengertian barisan bilangan dan deret bilangan
2.
Membedakan antara barisan bilangan dan deret bilangan
3.
Menentukan pola suatu barisan bilangan
4.
Menentukan suku ke-n dari suatu deret bilangan
5.
Menentukan jumlah n suku pertama dari suatu deret
bilangan
6.
Mengurutkan bilangan berbasis non-sepuluh
7.
Mengkonversikan suatu bilangan berbasis tertentu ke basis
lainnya
8.
Menentukan hasil penjumlahan buah bilangan berbasis
non-sepuluh
9.
Menentukan hasil pengurangan buah bilangan berbasis
non-sepuluh
10. Menentukan hasil perkalian buah bilangan
berbasis non-sepuluh
11. Menentukan hasil pembagian buah bilangan
berbasis non-sepuluh
|
·
Siti Rahmawati
·
Leolita Kristiana
·
By Hanik Rosnaningtyas
|
Minggu
I
|
2.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan bulat, operasi hitung
bilangan bulat dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat serta cara
pembelajarannya di SD/MI
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan pengertian bilangan bulat
2.
Menggambarkan bilangan bulat pada garis bilangan
3.
Memahami operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pada
garis bilangan
4.
Memahami operasi hitung penjumlahan bilangan bulat
dengan alat peraga tertentu
5.
Memahami sifat operasi hitung penjumlahan bilangan
bulat
6.
Memahami operasi hitung pengurangan bilangan bulat pada
garis bilangan
7.
Memahami operasi hitung pengurangan bilangan bulat
dengan alat peraga tertentu
8.
Memahami sifat operasi hitung pengurangan bilangan
bulat
9.
Memahami operasi hitung perkalian bilangan bulat pada
garis bilangan
10. Memahami sifat operasi hitung perkalian
bilangan bulat
11. Memahami operasi hitung pembagian bilangan
bulat
12. Memahami sifat operasi hitung pembagian
bilangan bulat
|
·
Suciana Novitasari
·
Titah Lestari
|
Minggu
II
|
3.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan desimal, operasi hitung
bilangan desimal serta cara
pembelajarannya di SD/MI
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan pengertian bilangan desimal
2.
Menjelaskan nilai tempat dari pecahan desimal
3.
Mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan desimal
dan sebaliknya
4.
Menyebutkan pecahan desimal berakhir dan pecahan desimal
berulang
5.
Mengurutkan pecahan desimal dari yang terkecil ke yang
terbesar dan sebaliknya
6.
Menjelaskan penjumlahan
dan sifat operasi hitung penjumlahan pada bilangan desimal
7.
Menjelaskan pengurangan
dan sifat operasi hitung pengurangan pada bilangan desimal
8.
Menjelaskan perkalian
dan sifat operasi hitung perkalian pada bilangan desimal
9.
Menjelaskan pembagian
dan sifat operasi hitung pembagian pada bilangan desimal
10. Menentukar akar dari suatu bilangan
11. Menentukan pangkat dari pecahan desimal
12. Mengubah penulisan bilangan ke dalam bentuk
baku ilmiah
|
·
Ulya Nuriana
·
Ima Rodhotul
Fatma
|
Minggu
III
|
4.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan keterbagian pada bilangan
bulat dan beberapa sifatnya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Memberikan alas an mengapa suatu bilangan bulat dapt
(habis) dibagi atau tidak dapat dibagi oleh bilangan bulat lainnya
2.
Menggunakan sifat-sifat keterbagian untuk menentukan
apakah suatu bilangan bulat dapat membagi bilangan bulat lain dalam bentuk
peubah x dan y
3.
Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 2
4.
Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 3
5.
Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 4
6.
Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 5
7.
Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 6
8.
Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 7
9.
Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 8
10. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan
apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 9
11. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan
apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 10
12. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan
apakah suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 11
|
·
Lely Siti Qoriah
·
Solichah
|
Minggu
IV
|
5.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan prima dan bilangan
berpangkat
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan pengertian bilangan prima dan bilangan
komposit
2.
Menentukan apakah bilangan bulat yang lebih besar dari
satu termasuk bilangan prima atau komposit
3.
Menentukan faktorisasi dari bilangan komposit
4.
Menentukan faktorisasi prima dari bilangan komposit
5.
Mentukan banyaknya faktor dari suatu bilangan kompos
6.
Menentukan apakah suatu penyataan yang melibatkan
bilangan berpangkat benar atau salah
7.
Menentukan bentuk paling sederhana dari bilangan
berpangkat tertentu
8.
Menyelesaikan persamaan sederhana yang melibatkan
bilangan berpangkat
9.
Menyelesaikan pertidaksamaan sederhana yang melibatkan
bilangan berpangkat
10. Menelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang melibatkan bilangan berpangkat
|
·
Pangesti Nufi
Rahayu
·
Khonik Atul Mukarromah
|
Minggu
V
|
6.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan dalam bentuk
persen, rasio dan proporsi serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menggunakan bilangan dalam bentuk persen yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan masalah matematika
2.
Menggunakan bilangan dalam bentuk rasio yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan masalah matematika
3.
Menggunakan bilangan dalam bentuk proporsi yang berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari dan masalah matematika
4.
Menunjukkan hubungan antara persen, rasio dan proporsi
|
·
Deni Haryani
·
Ethi Sethiorini
|
Minggu
VI
|
7.
|
Mahasiswa mampu memahami faktor persekutuan terbesar
dan kelipatan persekutuan terkecil serta penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Memahami konsep faktor suatu bilangan
2.
Menentukan faktor persekutuan terbesar dari dua buah
bilangan atau lebih
3.
Menerapkan konsep faktor persekutuan terbesar dalam
kehidupan sehari-hari
4.
Menentukan kombinasi linear dari suatu faktor persekutuan
terbesar dengan menentukan nilai dan y
jika diketahui faktor persekutuan terbesar (a, b) = ax + by
5.
Menentukan faktor persekutuan terbesar dari suatu
pasangan jika faktor persekutuan terbesar dari bilangan yang lain diketahui
6.
Memahami konsep kelipatan suatu bilangan
7.
Menentukan kelipatan persekutuan terkecil dari dua buah
bilangan atau lebih
8.
Menerapkan konsep kelipatan persekutuan terkecil dalam
kehidupan sehari-hari
9. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil
dari suatu pasangan bilangan dengan menggunakan hubungan antara faktor persekutuan
terbesar kelipatan persekutuan terkecil
|
·
Eny Munawaroh
·
Trisna Wardani
|
Minggu
VII
|
8.
|
Mahasiswa mampu memahami aritmatika jam dan aritmatika
modular
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan hasil operasi penjumlahan dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
2.
Menentukan hasil operasi pengurangan dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
3.
Menentukan hasil operasi perkalian dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
4.
Menentukan hasil operasi pembagian dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
5.
Menentukan nilai x jika xom (mod n) jika m dan n
bilangan-bilangan yang diketahui
6.
Menentukan nilai x jika mo x (mod n) jika m dan n
bilangan-bilangan yang diketahui
7.
Menentukan nilai x jika m on (mod x) jika m
dan n bilangan-bilangan yang diketahui
8. Menentukan sisa hasil suatu pembagian
|
·
Sari Saputri
·
Rina Setyowati
|
Mingggu
VIII
|