JADWAL
PRESENTASI
MATA
KULIAH MATEMATIKA 3
KELAS
PGMI A SEMESTER IV 2013/2014
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Penyaji
|
1.
|
Memahami konsep segi
empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah
2.
Mengaplikasikan sifat-sifat persegi
panjang untuk menyelesaikan masalah
3.
Mengaplikasikan sifat-sifat belah
ketupat untuk menyelesaikan masalah
4.
Mengaplikasikan sifat-sifat persegi
untuk menyelesaikan masalah
5.
Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium
untuk menyelesaikan masalah
6.
Mengaplikasikan sifat-sifat
layang-layang untuk menyelesaikan masalah
7.
Menghitung keliling dan luas
bangun jajar genjang
8.
Menghitung keliling dan luas
bangun persegi panjang
9.
Menghitung keliling dan luas
bangun belah ketupat
10.
Menghitung keliling dan luas bangun
persegi
11.
Menghitung keliling dan luas
bangun trapesium
12. Menghitung
keliling dan luas bangun layang-layang
|
1.
Ilmiah
2.
Dewi Musyarofah
3.
Thomas Amirul I.
|
2.
|
Memahami konsep segi
empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga
untuk menyelesaikan masalah
2.
Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga
3.
Menghitung keliling bangun segi tiga
4.
Menghitung luas bangun segi tiga
|
1.
Puput Trisnawati
2.
Atik Nur Latifah
3.
Rahayu Ema Laeliyah
|
3.
|
Menerapkan dalil
Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari.
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Menemukan dalil Pytagoras
2.
Membuktikan dalil Pythagoras
3.
Menggunakan dalil Pythagoras untuk
menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
4.
Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil
Pythagoras
|
1.
Nadhifatul Hamidah
2.
Dwi Nur Kholifah
3.
Siti Nur Fadhilah
|
4.
|
Memahami kesebangunan
bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan konsep kesebangunan
2.
Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut
yang berelasi
3.
Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang
sebangun dan kongruen
4.
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga
sebangun dan
kongruen
5.
Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
1.
Aliffah Wahyu W.
2.
Dias Puji Astuti
3.
Lutfia Nurhayati
|
5.
|
Menentukan unsur, bagian
lingkaran serta pengukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menentukan unsur-unsur lingkaran.
2.
Menentukan bagian-bagian lingkaran
3.
Menghitung nilai phi
4.
Menghitung keliling lingkaran.
5.
Menghitung luas lingkaran
6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
|
1.
Umul Mu’minin
2.
Nur Lailiatul Janah
|
6.
|
Menentukan sudut pusat, sudut keliling dan
garis singgung lingkaran
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Menentukan besarnya sudut
pusat dan sudut keliling suatu
lingkaran
2.
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busurdan luas
juring dalam pemecahan masalah.
3.
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua
lingkaran.
|
1.
Intan Titisari
2.
Binti Anita Sari
3.
Paramita Putri M.
|
7.
|
Menggunakan sistem
koordinat dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Membuat denah letak benda
2.
Mengenal koordinat posisi sebuah benda
3.
Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinat Cartesius
4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem koordinat Cartesius
|
1.
Indah Retno M. C.
2.
Diana Sari
3.
Cynthia Nur Wendah
|
8.
|
Memahami sifat-sifat
kubus dan balok serta serta menentukan
ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat kubus
serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus
3.
Membuat jaring-jaring kubus
4.
Menghitung luas permukaan kubus
5.
Menghitung volume kubus
6.
Mengidentifikasi sifat-sifat balok
serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.
Membuat jaring-jaring balok
9.
Menghitung luas permukaan balok
10.
Menghitung volume balok
|
1.
Mia Anggari Putri
2.
Imroatul Choirunisa
3.
Latifah Dika R.
4.
Hidayatul Muntafiah
|
9.
|
Memahami
sifat-sifat prisma dan limas serta menentukan
ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat prisma
serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
3.
Membuat jaring-jaring prisma
4.
Menghitung luas permukaan prisma
5.
Menghitung volume prisma
6.
Mengidentifikasi sifat-sifat limas
serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
8.
Membuat jaring-jaring limas
9.
Menghitung luas permukaan limas
10.
Menghitung volume limas
|
1.
Ni’matin
2.
Septa Hardianti Putri
3.
Sugeng Riyadi
|
10.
|
Memahami sifat-sifat
tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat tabung
serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung
3.
Membuat jaring-jaring tabung
4.
Menghitung luas permukaan tabung
5.
Menghitung volume tabung
6.
Mengidentifikasi sifat-sifat kerucut
serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut
8.
Membuat jaring-jaring kerucut
9.
Menghitung luas permukaan kerucut
10. Menghitung
volume kerucut
11. Mengidentifikasi
sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya
12. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola
13. Membuat
jaring-jaring bola
14. Menghitung
luas permukaan bola
15.
Menghitung volume bola
|
1.
Watini
2.
Joko Sulistyo
3.
Achmad Aprilianto
|
11.
|
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
2.
Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
|
1.
Citra Dwinanda S.
2.
Hanik Lestari
3.
Inayatul Hidayati
|
12.
|
Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam
pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
2.
Menentukan besar sudut dengan satuan derajat
3.
Menentukan hubungan antar satuan panjang
4.
Menentukan hubungan antar satuan berat
5.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan
satuan panjang
6.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan
satuan berat
|
1.
Laila Amin S.
2.
Yuli Endah Sartika
|
13.
|
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan
kecepatan dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.
Melakukan operasi hitung satuan waktu
3.
Melakukan pengukuran sudut
4.
Mengenal satuan jarak dan kecepatan
5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu,
jarak dan kecepatan
|
1.
Ulfa Khoirun Na’fiah
2.
Eko Aprianto
3.
Retno Wulan Hidayati
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.