Pembelajaran Tematik

JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK MAHASISWA PGMI SEMESTER VI

Waktu
Penyaji
Kompetensi Dasar
Indikator
Kelas A
Kelas B
Kelas C
Minggu I
Ima Rahmawati
Indah  Setianingsih
Rifky Zakiyatul A.
Mahasiswa dan mahasiswi mampu memahami pengertian, tujuan,  latar belakang, dan ruang lingkup pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan pengertian pembelajaran tematik
2.      Menjelaskan tujuan pembelajaran tematik
3.      Menjelaskan latar belakang dan kurikulum pembelajaran tematik
4.      Menjelaskan ruang lingkup pembelajaran tematik
Qurotul Akyunin
Nina Veronika
Lailatul Badriyah
Nur Hasanah
Wahyu Wulandari
Minggu II
Umi Lailatun N.
Erni Muzayanah
Zayin Miftakul A.
Mahasiswa dan mahasiswi mampu memahami landasan dan kurikulum pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan landasan filosofis pembelajaran tematik
2.      Menjelaskan landasan psikologis pembelajaran tematik
3.      Menjelaskan landasan yuridis pembelajaran tematik
4.      Menjelaskan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran tematik
Mar’atush Sholihah
Windi Astuti
Dwi Lestari
Restu Yulia
Rista Dewi
Minggu III
Nita Puji
Amida J.
Andri Purnomo
Mahasiswi dan mahasiswa memahami pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menganalisis karakteristik pembelajaran tematik
2.      Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar pembelajaran tematik
3.      Menjelaskan prinsip pelaksanaan atau rambu-rambu pembelajaran tematik
4.      Menganalisis implikasi pembelajaran tematik
5.      Menganalisis langkah-langkah pembelajaran tematik
6.      Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan pembelajaran tematik
Nur Endah
Latifah Dwi L.
Eka Nurlaela
Minggu IV
Mutma’innatul F.
Yanti Mustikasari
Anis Wahdana
Mahasiswa dan mahasiswi dapat memahami model pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Mengidentifikasi jenis-jenis model pembelajaran tematik
2.      Menjelaskan pentingnya nilai-nilai Islam ke dalam pembelajaran tematik
Rifky Rosdiana
Intan Wijayanti
Minggu V
M. Davit
Dwi Wahyuningdyah
Ita Hikayati

Mahasiswa dan mahasiswi dapat memahami konsep dasar pemetaan tema dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan pengertian pemetaan tema
2.      Menjelaskan cara menentukan tema dalam pembelajaran tematik
3.      Mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan dan pemilihan tema
Hanifah Ulfa
M. Ridwan Fauzi
Minggu VI
Viki Dwi C.
Sri Lestari
Ulfatur Rosyidah

Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang pemetaan tema dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam indikator
2.      Membuat pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dan indikator ke dalam tema-tema pembelajaran
Meida Dwi R.
Joko Susilo
Minggu VII
Amalina Hasyiati
Tri Joko
Imra Atussholehah
Mahasiswa dan mahasiswi dapat merancang jaringan tema pada pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan hakikat jaringan tema
2.      Membuat jaringan tema
Marini Agustina
Tri Lestari
Abdul Aziz
Minggu VIII
Siti Lailatul B.
Ernia Rista
Ajidah Nur R.
Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun materi pokok dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menganalisis cakupan materi dari kompetensi dasar dan indikator mata pelajaran yang terjaring dalam satu tema
2.      Menyusun materi pokok untuk satu tema pembelajaran
Husnul Khotimah
M. Iwan
Minggu IX
Nadia Okta
Nursid C. H.
Qurotul A’yuni
Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang strategi pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan strategi pembelajaran tematik
2.      Merancang strategi pembelajaran tematik
Nurfauzana
Syafa’atul Etikasari
Minggu X
Tafratussaniyati
Amim Imroatul K.
Hidayatussayyidah
Mahasiswa dan mahasiswi mampu mengembangkan media pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan karakteristik media dan sumber belajar untuk pembelajaran tematik
2.      Menyusun lembar kegiatan siswa pada pembelajaran tematik
3.      Membuat media pembelajaran tematik
Lusy Hartanti
Iwan K.
Minggu XI
Imam Dardiri
Nuraini
Niswatun Hasanah
Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang penilaian dalam pembelajaran tematik di madrasah ibtidaiyah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian pembelajaran tematik
2.      Menjelaskan prosedur penilaian pembelajaran tematik
3.      Menentukan jenis-jenis penilaian dari setiap indikator yang ditentukan
4.      Menyusun instrumen penilaian tes dalam pembelajaran tematik
5.      Menyusun instrumen penilaian nontes dalam pembelajaran tematik
6.      Mempraktekkan penggunaan penilaian dalam pembelajaran tematik
Puthut Wahyuningtyas
Wiwik Puspitasari
Minggu XII
Kiki Wulandari
Arlin Hermawati
M. Nusthon Nawawi
Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun silabus pembelajaran tematik
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Memahami pengembangan silabus pembelajaran tematik
2.      Menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar  yang dapat disatukan dalam satu tema tertentu
3.      Merumuskan indikator keberhasilan belajar
4.      Mengidentifikasi materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
5.      Menentukan pengalaman belajar yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
6.      Menentukan jenis penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
7.      Menentukan alokasi waktu yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
8.      Menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator
9.      Menyusun silabus pembelajaran tematik
Siti Fatonah
Siti Munawaroh
Dwi Putri
Minggu XIII
Ulung Duwita
Rudianto
Ochtia Ayu
Mahasiswa dan mahasiswi mampu menyusun RPP tematik
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.       Menjelaskan pengertian RPP tematik
2.       Menjelaskan komponen RPP tematik
3.       Mengidentifikasi perbedaan RPP mata pelajaran dan RPP tematik
4.       Menyusun RPP tematik
Yunita Ardilla
Feriyananingtyas
Didik Setiawan
Minggu XIV
Siti Muslikah
Sunardi
Nafi Nur L.
Mahasiswa dan mahasiswi mampu merancang jadwal pelajaran dalam pembelajaran tematik
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Merancang jadwal pembelajaran tematik dengan mata pelajaran
2.      Merancang jadwal pembelajaran tematik secara terintegrasi
Desmam Trisandisa
Arif Hidayatulloh




Mahasiswa dan mahasiswi mampu mengimplementasikan RPP tematik dalam kegiatan pembelajaran
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.      Mempraktekkan pembelajaran tematik dengan peer teaching
2.      Menganalisis hasil pelaksanaan pembelajaran tematik
3.      Menentukan rencana tindak lanjut perbaikan pembelajaran tematik


1 comment:

Note: only a member of this blog may post a comment.