Kelas
I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi unsur
rupa pada benda di alam sekitar
|
1.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap unsur rupa pada
benda di alam sekitar
|
||
2.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri
melalui gambar ekspresif
|
2.2
|
Mengekspresikan diri
melalui teknik menggunting/menyobek
|
||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi
unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
3.2
|
Mengelompokkan bunyi
berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
||
3.3
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
||
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Menampilkan permainan
pola irama sederhana
|
4.2
|
Mengekspresikan diri
melalui vocal
|
||
4.3
|
Mengekspresikan diri
melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
||
4.4
|
Melafalkan lagu
anak-anak
|
||
4.5
|
Menyanyikan lagu
anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
|
||
Seni Tari
|
|||
5.
|
Mengapresiasi karya seni
tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di
tempat
|
5.2
|
Menampilkan gerak tari
menurut tingkatan tinggi rendah
|
||
5.3
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
||
6.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni tari
|
6.1
|
Menanggapi rangsangan
bunyi dengan gerakan spontan
|
6.2
|
Menampilkan unsur gerak
tari di depan penonton
|
Kelas
I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
||||
7.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
7.1
|
Mengidentifikasi unsur
rupa pada benda di alam sekitar
|
|
7.2
|
Menyatakan sikap
apresiatif terhadap unsur rupa pada
benda di alam sekitar
|
|||
8.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
8.1
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni gambar ekspresif
|
|
8.2
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel
|
|||
Seni Musik
|
||||
9.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
9.1
|
Mengidentifikasi
unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
|
9.2
|
Mengelompokkan bunyi
berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan
alam
|
|||
9.3
|
Mengidentifikasi irama
dan melodi sederhana
|
|||
10.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
10.1
|
Menampilkan permainan
pola irama dan melodi sederhana
|
|
10.2
|
Memeragakan dinamik sederhana
|
|||
10.3
|
Mengekspresikan diri
melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana
|
|||
10.4
|
Menyanyikan lagu
anak-anak dan lagu wajib
|
|||
Seni Tari
|
||||
11.
|
Mengapresiasi karya seni
tari
|
11.1
|
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak
berpindah tempat
|
|
11.2
|
Menampilkan gerak tari
menurut tingkatan tinggi rendah
|
|||
11.3
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
|||
12.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni tari.
|
12.1
|
Menanggapi dengan
gerakan spontan rangsangan bunyi
|
|
12.2
|
Merangkaikan gerak tari
sesuai iringan bunyi
|
|||
12.3
|
Mengekspresikan diri
melalui gerakan sendiri
|
Kelas
II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
||||
1.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
1.1
|
Mengenal unsur rupa
pada karya seni rupa
|
|
1.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap unsur rupa pada
karya seni rupa
|
|||
2.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri
melalui gambar ekspresif
|
|
2.2
|
Mengekspresikan diri
melalui teknik cetak tunggal
|
|||
Seni Musik
|
||||
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi unsur
musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik
|
|
3.2
|
Membedakan antara nada
dengan irama
|
|||
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Memeragakan dinamik
sederhana
|
|
4.2
|
Mengekspresikan diri
melalui alat musik/sumber bunyi
sederhana
|
|||
4.3
|
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana
|
|||
4.4
|
Mementaskan permainan
musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
|
|||
Seni Tari
|
||||
5.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi gerak alam semesta
|
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam
semesta
|
|||
6.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi
perangsang gerak
|
|
6.2
|
Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari
|
|||
Keterampilan
|
||||
7.
|
Menerapkan teknologi
sederhana dalam keterampilan
|
7.1
|
Menjelaskan cara
pembuatan cat pewarna dari bahan alam
|
|
7.2
|
Menyiapkan bahan alam untuk pembuatan cat
|
|||
7.3
|
Membuat cat pewarna dari
bahan alam
|
Kelas
II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
8.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
8.1
|
Mengidentifikasi unsur
rupa pada karya seni rupa
|
8.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap unsur rupa pada
karya seni rupa tiga dimensi
|
||
9.
|
Mengekspresikan diri
melalui seni rupa.
|
9.1
|
Mengekspresikan diri
melalui gambar ekspresi
|
9.2
|
Menggunakan klise cetak
timbul
|
||
9.3
|
Mengekspresikan diri
melalui teknik cetak timbul
|
||
10.
|
Mengenal unsur musik
|
10.1
|
Mengidentifikasi unsur
musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional
|
10.2
|
Membedakan antara nada
dengan irama
|
||
11.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
11.1
|
Memeragakan dinamik
sederhana
|
11.2
|
Mengekspresikan diri
melalui alat musik/sumber bunyi
sederhana
|
||
11.3
|
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana
|
||
Seni Tari
|
|||
12
|
Mengapresiasi karya seni
tari
|
12.1
|
Mengidentifikasi gerak
alam semesta
|
12.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap gerak alam semesta
|
||
13.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni tari
|
13.1
|
Menggerakkan tubuh
secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
|
13.2
|
Menanggapi gerak alam
semesta dalam bentuk gerakan tari
|
||
13.3
|
Menyajikan beberapa
ragam gerak tari di depan penonton
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
1.1
|
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
1.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
||
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai
diri sendiri
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari
motif hias daerah setempat
|
||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi
berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
|
3.2
|
Menghubungkan antara
simbol nada dengan elemen musik
|
||
3.3
|
Menghubungkan antara
simbol nada dengan tempo dalam lagu
|
||
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Memainkan alat musik
ritmis sederhana
|
4.2
|
Menyanyikan lagu wajib,
lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau
tanpa iringan sederhana
|
||
Seni Tari
|
|||
5
|
Mengapresiasi karya
seni tari
|
5.1
|
Menjelaskan simbol dalam
seni tari
|
5.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan
pengamatan terhadap pertunjukan
|
||
6.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni tari.
|
6.1
|
Menyiapkan penyajian
tarian pendek bertema tanpa iringan
|
6.2
|
Menyajikan tarian pendek
bertema tanpa iringan
|
||
Keterampilan
|
|||
7.
|
Membuat benda yang
dapat digerakkan oleh angin secara
sederhana
|
7.1
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
|
7.2
|
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
kertas
|
||
7.3
|
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
kertas
|
Kelas
III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
8.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
8.1
|
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
|
8.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
|
||
9.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
9.1
|
Mengekspresikan diri
melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
|
9.2
|
Memberi hiasan/warna
pada benda tiga dimensi
|
||
Seni Musik
|
|||
10.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
10.1
|
Menjelaskan simbol tempo
dalam lagu
|
10.2
|
Menjelaskan makna
ansambel
|
||
10.3
|
Menghubungkan antara
simbol nada dengan elemen musik
|
||
10.4
|
Menghubungkan simbol
nada dengan tempo dalam lagu
|
||
11.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
11.1
|
Memainkan musik dalam
bentuk ansambel dengan alat musik
ritmis sederhana
|
11.2
|
Menyanyikan lagu daerah
dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
|
||
Seni Tari
|
|||
12
|
Mengapresiasi karya
seni tari
|
12.1
|
Menghubungkan gerak,
busana, dan perlengkapan dengan simbol
dalam seni tari
|
12.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan
pengamatan pertunjukan
|
||
12.3
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara
daerah setempat
|
||
13.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni tari
|
13.1
|
Menyiapkan penyajian
tarian pendek bertema dengan iringan
|
13.2
|
Menyajikan tarian pendek
bertema dengan iringan
|
||
13.3
|
Mengadakan pementasan
perpaduan seni tari dan musik
|
||
Keterampilan
|
|||
14
|
Membuat benda yang
dapat digerakkan oleh angin secara
sederhana
|
14.1
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
|
14.2
|
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
selain kertas
|
||
14.3
|
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
selain kertas
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.