DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah
|
:
|
Teknologi Pendidikan
|
Kode Matakuliah
|
:
|
GMI.4.2.31
|
Program Studi
|
:
|
PGMI
|
Bobot sks
|
:
|
2 SKS
|
Semester
|
:
|
III (tiga)
|
Elemen Kompetensi
|
:
|
MKB (Matakuliah Penguasaan Ilmu dan Keterampilan)
|
Jenis Kompetensi
|
:
|
Pendukung
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa mampu memahami tetang pengetahuan sikap,nilai dan keterampilan
yang bertalian dengan teknologi pendidikan sehingga mereka mampu
membelajarkan baik perencanaan, strategi maupun evaluasi dalam proses belajar
mengajar
|
No.
|
Penyaji
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Dwi Rahmawati
Salisa Khoiriah
Tri Hajuni
Suprapti
Dodik Wijiatmoko
|
Mahasiswa mampu memahami sejarah dan pengertian
teknologi pendidikan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Memahami kerangka konsep teknologi pendidikan
2.
Memahami sejarah perkembangan konsep teknologi
pendidikan
|
2.
|
Rohmatun Nisak
A.
Annuria
Mei Susilawati
Ronna Vindy Roshita
Andri Bambang S.
|
Mahasiswa mampu memahami landasan teknologi
pendidilkan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan landasan filosofis teknologi
pendidikan
2.
Menjelaskan landasan psikologis teknologi
pendidikan
3.
Menjelaskan landasan psikologis teknologi
pendidikan
|
3.
|
Irfan Lutfianto
Zulfa Maghfirotul H.
Uswatun Hasanah
Dyah Farida W.
Ismiati
|
Mahasiswa mampu memahami kawasan teknologi
pendidikan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan ruang lingkup teknologi pendidikan
menurut Davies, 1978
2.
Menjelaskan ruang lingkup teknologi pendidikan
menurut Association for Educational Communication and Technology
(AECT)
|
4.
|
Abdul Rahim
Dewi Purwanti
Nuning Farida
Imam Baidowi
Yuli Wantiasri
|
Mahasiswa mampu memahami teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan pengertian teknologi komunikasi
2.
Menjelaskan pengertian teknologi informasi
3.
Menjelaskan pengaruh teknologi komunikasi dan
informasi terhadap pembelajaran
|
5.
|
Weni Aprianti
Shofia Fajrin H.
Imam Asrofi
Hanif Fatur Rofiah
Luluk Ida Wati
|
Mahasiswa mampu memahami e-learning
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan pengertian e-learning
2.
Menjelaskan cara pembelajaran dengan e-learning
3.
Menjelaskan faktor yang perlu dipertimbangkan
dalam memanfaatkan e-learning
4.
Menjelaskan e-learning dan internet dalam
pembelajaran
5.
Menyebutkan model e-learning
6.
Menjelaskan evaluasi e-learning
|
6.
|
Rendy Febrianto
Sri Eka Septiana
Erlina Yuli Hapsari
Noviana
Mita Diana Astiani
|
Mahasiswa mampu memahami pengembangan teknologi
pendidikan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan alat bantu visual
2.
Menjelaskan alat
bantu audiovisual
3.
Menjelaskan komunikasi audiovisual
4.
Menjelaskan penerapan komunikasi audiovisual dan
pendekatan sistem dalam teknologi
pengajaran
|
7.
|
Suci Rahmatul
M.
Fadilatul Munawaroh
Aglanaimah Masitoh
Arif Irvayani
Dwi Marita Puspiani
|
Mahasiswa mampu memahami sumber belajar sebagai
komponen sistem pendidikan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan konsep sumber belajar
2.
Menyebutkan jenis-jenis sumber belajar
3.
Menyebutkan komponen dan fator sumber belajar
4.
Menjelaskan cara memilih sumber belajar
5.
Menjelaskan cara memanfaatkan sumber belajar
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.