JADWAL
MICROTEACHING KONSENTRASI FIQH SEMESTER VI
Waktu
|
Praktikan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Minggu I
|
Viki
Dwi Cahyani
|
Mengenal
ketentuan zakat
|
Menjelaskan
ketentuan zakat mal
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian zakat
mal
2.
Menyebutkan hukum menunaikan
zakat mal
3.
Menyebutkan harta yang wajib
dizakati
4.
Menyebutkan jumlah harta yang
wajib dizakati (nisab)
5.
Menyebutkan jumlah zakat mal
yang harus dikeluarkan
6.
Menyebutkan batas waktu untuk mengeluarkan
zakat (haul)
|
Joko
Susilo
|
Menjelaskan
ketentuan zakat fitrah
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian zakat
fitrah
2.
Menyebutkan hukum menunaikan
zakat fitrah
3.
Mendeskripsikan waktu
mengeluarkan zakat fitrah
4.
Menyebutkan jumlah zakat fitrah
yang harus dikeluarkan
5.
Menyebutkan 8 golongan yang
berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
|
||
Minggu II
|
Nita
Puji Rahayu
|
Mempraktekkan
tata cara zakat mal dan zakat fitrah
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Mensimulasikan tata cara
mengeluarkan zakat mal
2.
Mendemonstrasikan cara
mengeluarkan zakat fitrah
3.
Melafalkan niat menunaikan
zakat mal
4.
Melafalkan niat menunaikan
zakat fitrah
5.
Menyebutkan hikmah zakat fitrah
6.
Menyebutkan hikmah zakat mal
|
|
Husnul
Khotimah
|
Mengenal
ketentuan infaq dan shodaqoh
|
Menjelaskan
ketentuan infaq dan shodaqoh
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebukan pengertian infaq
2.
Menyebutkan hukum infaq
3.
Menyebutkan pengertian shodaqoh
4.
Menyebutkan hukum shodaqoh
5.
Membedakan antara infaq dan
shodaqoh
|
|
Minggu III
|
M.
Davit Prasetyo
|
Mempraktekkan
tata cara infaq dan shodaqoh
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Mendemonstrasikan cara berinfaq
2.
Mendemonstrasikan cara
bershodaqoh
3.
Menyebutkan hikmah berinfaq dan
bershodaqoh
|
|
Ulung
Duwita Sari
|
Mengenal
ketentuan sholat Id
|
Menjelaskan
macam-macam sholat Id
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian sholat
Idul Fitri dan Idul Adha
2.
Menyebutkan hukum shalat Idul
Fitri dan Idul Adha
|
|
Minggu IV
|
Hanifah
Ulfa
|
Menjelaskan
tata cara sholat Id
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan waktu pelaksanaan
shalat Idul Fitri dan Idul Adha
|
|
Wiwik
Puspitasari
|
Mendemonstrasikan
tata cara sholat Idul Fitri dan Idul Adha
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Memperagakan sholat Idul Fitri
dan Idul Adha
|
||
Minggu V
|
Desmam
Tri Sandisa
|
Mengenal
ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram
|
Menjelaskan
ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian
makanan/minuman halal
2.
Menyebutkan pengertian
makanan/minuman haram
3.
Menyebutkan contoh
makanan/minuman halal
4.
Menyebutkan contoh makanan/minuman
haram
5.
Membiasakan mengkonsumsi
makanan/ minuman halal
6.
Menghindari mengkonsumsi
makanan/minuman haram
|
Tafratussaniyati
|
Menjelaskan
binatang yang halal dan haram dagingnya
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian binatang
halal
2.
Menyebutkan pengertian binatang
haram
3.
Menunjukkan ciri-ciri binatang
halal
4.
Menunjukkan ciri-ciri binatang
haram
5.
Mengidentifikasi jenis binatang
halal dan haram
|
||
Minggu VI
|
Siti
Fatonah
|
Menjelaskan
manfaat makanan dan minuman halal
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan manfaat
mengkonsumsi makanan/minuman halal
2.
Menyebutkan akibat mengkonsumsi
makanan/minuman haram
|
|
Syafaatul
Etikasari
|
Menjelaskan
akibat makanan dan minuman haram
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan jenis penyakit
akibat salah mengkonsumsi makanan dan minuman
2.
Menyebutkan akibat mengkonsumsi
makanan/ minuman haram
|
||
Minggu VII
|
Tri
Joko Pambudi
|
Mengenal
ketentuan qurban
|
Menjelaskan
ketentuan qurban
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian qurban
2.
Menunjukkan hukum berqurban
3.
Menunjukkan waktu pelaksanaan
qurban
4.
Menyebutkan syarat sahnya hewan
untuk qurban
|
Nur
Aini
|
Mendemonstrasikan
tata cara qurban
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Mendemonstrasikan tata cara
qurban
2.
Mengidentifikasi hikmah qurban
|
||
Minggu VIII
|
Siti
Lailatul Badriah
|
Mengenal
tata cara ibadah haji
|
Menjelaskan
tata cara haji
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian haji
2.
Menunjukkan hukum haji
3.
Menyebutkan waktu pelaksanaan
haji
4.
Menyebutkan syarat haji
5.
Menyebutkan rukun haji
6.
Menyebutkan wajib haji
7.
Menyebutkan sunnah haji
8.
Memperagakan cara memakai ihram
|
Hidayatussayyidah
|
Mengenal
ketentuan mandi wajib
|
Menjelaskan
ketentuan mandi wajib setelah haid
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian mandi
wajib
2.
Menyebutkan sebab mandi wajib
3.
Menyebutkan rukun mandi wajib
4.
Menyebutkan sunnah mandi wajib
5.
Membedakan antara mandi wajib
dengan mandi biasa
|
|
Minggu IX
|
Muhamat
Iwan
|
Mengenal
ketentuan khitan
|
Menjelaskan
ketentuan khitan
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian khitan
2.
Menunjukkan dasar hukum khitan
3.
Menyebutkan hukum khitan
|
Nafi’
Nur Latifah
|
Menjelaskan
hikmah khitan
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan hikmah khitan
|
||
Minggu X
|
Yanti
Mustikasari
|
Mengenal
ketentuan jual beli dan pinjam meminjam
|
Menjelaskan
tata cara jual beli
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian jual
beli
2.
Menyebutkan syarat sah jual
beli
3.
Menyebutkan rukun jual beli
4.
Menyebutkan hukum jual beli
5.
Mendemonstrasikan jual beli
|
Imam
Dardiri
|
Mengenal
tata cara pinjam meminjam
|
Pada
akhir pertemuan siswa dan siswi diharapkan mampu:
1.
Menyebutkan pengertian pinjam
meminjam
2.
Menyebutkan syarat pinjam
meminjam
3.
Menyebutkan rukun pinjam
meminjam
4.
Menyebutkan hak dan kewajiban
dalam pinjam meminjam
5.
Mendemonstrasikan pinjam
meminjam
|
Ket:
dari kompetensi dasar yang ada, pilihlah indikator yang sesuai untuk praktek mengajar
35'-40'
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.