JADWAL PRESENTASI GEOMETRI DAN
PENGUKURANNYA
No.
|
Penyaji
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Ø Salisa Khoiriah
Ø Mardliyah Mufarida
Ø Irma Wahyu Ariastuti
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan dasar-dasar geometri seperti titik, garis, bidang,
ruang, garis, ruas garis, sudut dan kurva
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan
definisi titik, garis, bidang dan
ruang
2. Menjelaskan
definisi garis, ruas garis dan sudut
3. Menjelaskan
definisi kurva
4.
Menyebutkan jenis-jenis kurva
|
2.
|
Ø Erlina Hapsari
Ø Suprapti
Ø Hidayatul Munawaroh
Ø Eny Muflikah
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan segitiga, segiempat dan segilima serta kongruensi dan
kesebangunan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan definisi
segitiga
2. Menyebutkan
macam-macam segitiga berdasarkan sisi-sisinya
3. Menyebutkan
macam-macam segitiga berdasarkan besar sudutnya
4. Menjelaskan definisi
segiempat
5. Menyebutkan
macam-macam segiempat
6. Menjelaskan definisi
segilima
7. Menjelaskan definisi
kongruensi
8.
Menjelaskan definisi kesebangunan
|
3.
|
Ø Yoga Dwi Utami
Ø Alivatull Nurnandia
Ø Ronna Vindy Rosshita
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep refleksi, rotasi dan simetri
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan konsep refleksi
2.
Menjelaskan konsep rotasi
3.
Menjelaskan simetri lipat
4.
Menjelaskan simetri putar
5.
Menentukan banyak simetri lipat
dari sebuah bangun
6.
Menentukan banyak simetri putar
dari sebuah bangun
7.
Membuat bangun yang memiliki
simetri lipat pada papan geoboard
8.
Membuat bangun yang memiliki
simetri putar pada papan geoboard
|
4.
|
Ø Imam Asrofi
Ø Arina Alfi Khoiroh
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
topologi elementer dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari yang
ekuivalen secara topologi dengan bangun yang telah ditentukan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menggambar
berbagai jenis kurva pada bidang
2. Memberi
contoh bangun pada kehidupan sehari-hari yang dapat dipakai sebagai model
dari bangun-bangun geometri
3. Menggambar
bangun-bangun yang ekuivalen secara topologi dengan bangun yang telah
ditentukan
4. Menyebutkan
benda-benda pada kehidupan sehari-hari yang ekuivalen secara topologi dengan
bangun yang diberikan
5. Memasangkan
bangun-bangun yang ekuivalen secara topologi
6.
Menentukan banyak terminal (vertices),
tapak (paths) dan daerah (region) pada jaringan
|
5.
|
Ø Tri Wahyuni
Ø Amin Mohammad Amma Huda
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan polihedron
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan
pengertian bangun ruang
2. Merancang
pembelajaran bangun ruang yang sesuai dengan kurikulum Sekolah Dasar
3.
Menjelaskan konsep bangun ruang
dengan menggunakan metode dan media yang sesuai
|
6.
|
Ø Ani Rofiah
Ø Dodi Wijatmiko
Ø Zulfa ‘Ainurrosida
|
Mahasiswa
mampu membuat jaring-jaring bangun ruang
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menentukan
jaring-jaring bidang 4 dan bidang 6
2. Membuat
bangun ruang dari jaring-jaring bidang 4 dan bidang 6
3. Menentukan
jaring-jaring permukaan lengkung dan lingkaran
4. Membuat
bangun ruang dari jaring-jaring permukaan lengkung dan lingkaran
|
7.
|
Ø Dwi Rahmawati
Ø Irfan Lutfianto
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan satuan ukur dan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.
Menyebutkan satuan ukur tidak baku dalam kehidupan sehari-hari
2.
Menyebutkan satuan ukur baku dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menentukan keliling kurva
4.
Menentukan keliling segitiga
5.
Menentukan keliling segiempat
6.
Menentukan keliling lingkaran
|
8.
|
Ø Novita Nurwati
Ø Yessy Trisiana Wahyu J.
Ø Evi Widyawati
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan satuan luas dan konsep luas dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menyebutkan
satuan luas dalam kehidupan sehari-hari
2. Menjelaskan
pengubinan dan rangkaian bidang datar
3. Menentukan
luas segitiga
4. Menentukan
luas segiempat
5.
Menentukan luas lingkaran
|
9.
|
Ø Imas Lusiana
Ø Faridhatun Daima
Ø Arifaturufaida
Ø Eko Aprianto
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan satuan berat dan konsep volume dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menyebutkan
satuan berat dalam kehidupan sehari-hari
2. Menjelaskan
konsep volume bangun ruang bidang datar
3.
Menjelaskan konsep volume bangun
ruang bidang Lengkung
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.