DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah
|
:
|
Matematika 2
|
Kode Matakuliah
|
:
|
GMI.3.2.38
|
Program Studi
|
:
|
PGMI
|
Bobot sks
|
:
|
3 sks
|
Semester
|
:
|
III (tiga)
|
Elemen
Kompetensi
|
:
|
MKK (Matakuliah
Keilmuan dan Ketrmpilan)
|
Jenis
Kompetensi
|
:
|
UTAMA
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Memahami penulisan bilangan yang menggunakan nilai tempat
dan tanpa nilai tempat beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Memahami penulisan bilangan yang menggunakan nilai tempat dan tanpa nilai
tempat
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1. Menjelaskan sejarah
sistem bilangan Mesir Kuno
2. Menjelaskan sejarah
sistem bilangan Babilonia
3. Menjelaskan sejarah
sistem bilangan Maya
4. Menjelaskan sejarah
sistem bilangan Romawi
5. Menunjukkan
penggunaan bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari
6. Mengubah bilangan
desimal (Hindu-Arab) menjadi bilangan romawi
7. Mengubah
bilangan romawi menjadi bilangan
desimal (Hindu-Arab)
8. Mengubah bilangan berbasis 10 menjadi bilangan berbasis 2
9. Mengubah bilangan
berbasis 2 menjadi bilangan berbasis 10
|
Memahami bilangan bulat, operasi bilangan bulat dan sifat-sifat operasi pada bilangan bulat
beserta aplikasinya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1. Memahami operasi
hitung penjumlahan bilangan bulat pada garis bilangan
2. Memahami sifat
operasi hitung penjumlahan bilangan bulat
3. Memahami operasi
hitung pengurangan bilangan bulat pada garis bilangan
4. Memahami sifat
operasi hitung pengurangan bilangan bulat
5. Memahami operasi
hitung perkalian bilangan bulat pada garis bilangan
6. Memahami sifat
operasi hitung perkalian bilangan bulat
7. Memahami operasi
hitung pembagian bilangan bulat
|
Menguasai konsep dasar sistem bilangan rasional dan operasinya, serta
penerapannya pada kejadian sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian bilangan rasional
2.
Menjelaskan pengertian bilangan campuran
3.
Membandingkan dua buah bilangan rasional
4.
Memahami sifat operasi hitung penjumlahan pada
bilangan rasional
5.
Memahami sifat operasi hitung pengurangan pada
bilangan rasional
6.
Memahami sifat operasi hitung perkalian sifat
operasi hitung bilangan rasional
7.
Memahami sifat operasi hitung pembagian pada
bilangan rasional
8.
Menerapkan penggunaan bilangan rsional dalam
kehidupan sehari-hari
|
Menguasai
sistem bilangan real dan operasinya, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian bilangan real
2.
Menyebutkan macam-macam bilangan yang termasuk
dalam bilangan real
3.
Memahami sifat operasi hitung penjumlahan pada
bilangan real
4.
Memahami sifat operasi hitung pengurangan pada
bilangan real
5.
Memahami sifat operasi hitung perkalian sifat
operasi hitung bilangan real
6.
Memahami sifat operasi hitung pembagian pada
bilangan real
7. Menerapkan
penggunaan bilangan real dalam kehidupan sehari-hari
|
Mahasiswa dan mahasiswi mampu memahami prinsip urutan yang baik (well ordering)
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1. Memhami konsep
bilangan prima
2. Membedakan bilangan
prima dan bilangan komposit
3. Menentukan
faktorisasi prima suatu bilangan dengan menggunakan pohon factor
4.
Memisahkan biangan prima dengan bilangan
komposit menggunakan saringan Eratosthenes
|
Memahami konsep kelipatan persekutuan dari dua buah bilangan atu lebih
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1. Memahami konsep
kelipatan suatu bilangan
2. Memahami konsep
kelipatan dari dua buah bilangan atau lebih
3. Mehahami konsep
kelipatan persekutuan terkecil
4.
Menerapkan konsep kelipatan persekutuan terkecil
dalam kehidupan sehari-hari
|
Memahami konsep faktor persekutuan terbesar dari dua buah bilangan atu
lebih dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1.
Memahami konsep faktor suatu bilangan
2.
Memahami konsep faktor persekutuan dari dua buah
bilangan atau lebih
3.
Mehahami konsep faktor persektuan terbesar
4.
Menerapkan konsep faktor persekutuan terbesar
dalam kehidupan sehari-hari
|
Memahami berbagai barisan dan deret bilangan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1. Membedakan antara
barisan bilangan dan deret bilangan
2. Menentukan suku
ke-n dari suatu deret bilangan
3. Menentukan jumlah n
suku pertama dari suatu deret bilangan
4. Menerapkan barisan
dan deret bilangan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Memahami barisan dan deret
bilangan aritmetika dan geometri serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1. Menentukan suku ke-n suatu barisan bilangan aritmetika
2. Menentukan jumlah n
suku pertama dari suatu barisan bilangan aritmetika
3. Menentukan suku ke-n dari suatu barisan bilangan geometri
4. Menentukan jumlah n
suku pertama dari suatu barisan bilangan geometri
5. Menerapkan barisan
dan deret aritmetika dan geometri
dalam kehidupan sehari-hari
|
Memahami untung, rugi, rabat, diskon, bruto, neto dan tara serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian untung, rugi, rabat dan diskon
2.
Menentukan untung, rugi, rabat dan diskon
3.
Menjelaskan pengertian bruto, neto dan tara
4.
Menentukan bruto, neto dan tara
|
Memahami bunga tunggal beserta dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat:
1.
Mendeskripsikan
pengertian bunga tunggal
2.
Menentukan besarnya bunga uang
3.
Menyebutkan jenis-jenis bunga tunggal
4.
Mendeskripsikan
pengertian bunga majemuk
5. Menentukan
besarnya bunga majemuk
|
Memahami populasi dan sampel serta menerapkan peluang kejadian sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dan mahasiswi dapat:
1.
Menentukan populasi suatu kejadian;
2.
Menentuan sampel suatu kejadian;
3.
Menentukan peluang suatu kejadian;
4.
Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.