DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah
|
:
|
Model Pembelajaran Matematika
Kontemporer
|
Kode Matakuliah
|
:
|
GPF.6.2.75
|
Program Studi
|
:
|
PGMI
|
Bobot sks
|
:
|
2 sks
|
Semester
|
:
|
VI (enam)
|
Elemen Kompetensi
|
:
|
MKK (Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan)
|
Jenis Kompetensi
|
:
|
Lain/Pilihan
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa mampu memahami
berbagai macam model pembelajaran matematika dan mampu menerapkannya dalam
pembelajaran matematika di MI
|
No.
|
Penyaji
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Amalina
Hasyiati
Lailatul
Badriah
|
Mahasiswa mampu memahami hakikat matematika dan pembelajaran
matematika di MI
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1. Menjelaskan hakikat matematika
2. Menjelaskan hakikat anak didik
3.
Menjelaskan ciri
pembelajaran matematika di MI
|
2.
|
Rifky Rosdiana Dewi
Zayyin M. Arifin
Andri Purnomo
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran
matematika tradisional, modern dan masa kini
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan pembelajaran matematika
tradisional
2.
Menjelaskan pembelajaran matematika modern
3.
Menjelaskan pembelajaran matematika masa
kini
|
3.
|
Kiki Wulandari
M. Nusthon Nawawi
Tri Lestari
Arlin Hermhawati
Imro Atussholeha
Umi Lailatun Nafiah
|
Mahasiswa mampu memahami aliran psikologi
tingkah laku dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan teori belajar yang
dikemukakan oleh Thorndike dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di
MI
2.
Menjelaskan teori belajar
yang dikemukakan oleh Pavlov dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika
di MI
3.
Menjelaskan teori belajar
yang dikemukakan oleh Bandura dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika
di MI
4.
Menjelaskan teori belajar
yang dikemukakan oleh Skinner dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika
di MI
5.
Menjelaskan teori belajar
yang dikemukakan oleh Ausubel dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika
di MI
6.
Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan
oleh Gagne dan
menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
|
4.
|
Wahyu Wulandari
Erni Muzayyanah
Amim Imroatul K.
Siti Muslikah
|
Mahasiswa mampu memahami aliran psikologi
kognitif dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan teori belajar yang
dikemukakan oleh Bruner dan
menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
2.
Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Brownell dan
menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
3.
Menjelaskan teori belajar yang
dikemukakan oleh Dienes dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
4.
Menjelaskan teori belajar
yang dikemukakan oleh Van Hiele dan menerapkannya dalam pembelajaran
matematika di MI
|
5.
|
|
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai
macam pendekatan pembelajaran matematika di MI (bagian I)
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan pendekatan induktif pada pembelajaran matematika di MI
2.
Menjelaskan pendekatan deduktif pada pembelajaran matematika di MI
3.
Menjelaskan pendekatan spiral
pada pembelajaran matematika di MI
4.
Menjelaskan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran matematika
di MI
5.
Menjelaskan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika di
MI
6.
Menjelaskan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran
matematika di MI
7.
Menjelaskan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika di MI
|
6.
|
Rudianto
|
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai
macam pendekatan pembelajaran matematika di MI (bagian II)
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan pendekatan terpadu pada pembelajaran matematika di MI
2.
Menjelaskan pendekatan kooperatif pada pembelajaran matematika di
MI
|
7.
|
Windi Astuti
Eka Nurlaela
M. Ridwan Fauzi
Nadia Okta R.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan metode
pembelajaran matematika, bermain sambil belajar dan penemuan dalam matematika
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan metode pembelajaran dalam
matematika
2.
Menjelaskan bermain sambil belajar
3.
Menjelaskan penemuan dalam matematika
|
makasih bu jadwalnya
ReplyDelete