Wednesday 13 September 2017

JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3

JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3

Pertemuan Ke-
Kompetensi Dasar
Indikator
1
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah
2.      Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah
3.      Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah
4.      Menghitung keliling dan luas bangun  jajar genjang
5.      Menghitung keliling dan luas bangun  persegi panjang
6.      Menghitung keliling dan luas bangun  belah ketupat
2
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Mengaplikasikan sifat-sifat persegi untuk menyelesaikan masalah
2.      Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah
3.      Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah
4.      Menghitung keliling dan luas bangun persegi
5.      Menghitung keliling dan luas bangun  trapesium
6.      Menghitung keliling dan luas bangun layang-layang
3
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga untuk menyelesaikan masalah
2.      Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga
3.      Menghitung keliling bangun segi tiga
4.      Menghitung luas bangun segi tiga
4
Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari.
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Menemukan dalil Pytagoras
2.      Membuktikan dalil Pythagoras
3.      Menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
4.      Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras
5
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan konsep kesebangunan
2.      Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut yang berelasi
3.      Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
4.      Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
5.      Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
6
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Menentukan unsur-unsur lingkaran.
2.      Menentukan bagian-bagian lingkaran
3.      Menghitung nilai phi ( )
4.      Menghitung keliling lingkaran.
5.      Menghitung luas lingkaran
6.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
7.      Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
7
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Membuat denah letak benda
2.      Mengenal koordinat posisi sebuah benda
3.      Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Cartesius
4.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem koordinat Cartesius
8
Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya
2.      Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus
3.      Membuat jaring-jaring kubus
4.      Menghitung luas permukaan kubus
5.      Menghitung volume kubus
6.      Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya
7.      Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.      Membuat jaring-jaring balok
9.      Menghitung luas permukaan balok
10.  Menghitung volume balok
9
Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya
2.      Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
3.      Membuat jaring-jaring prisma
4.      Menghitung luas permukaan prisma
5.      Menghitung volume prisma
6.      Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya
7.      Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
8.      Membuat jaring-jaring limas
9.      Menghitung luas permukaan limas
10.  Menghitung volume limas
10
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya
2.      Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung
3.      Membuat jaring-jaring tabung
4.      Menghitung luas permukaan tabung
5.      Menghitung volume tabung
6.      Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya
7.      Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut
8.      Membuat jaring-jaring kerucut
9.      Menghitung luas permukaan kerucut
10.  Menghitung volume kerucut
11.  Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya
12.  Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola
13.  Menghitung luas permukaan bola
14.  Menghitung volume bola
11
Memahami jarak, waktu dan kecepatan
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan  mampu:
1.      Menjelaskan konsep waktu
2.      Menjelaskan konsep jarak
3.      Menjelaskan konsep kecepatan
4.      Menjelaskan hubungan antara waktu, jarak dan kecepatan
5.      Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan waktu, jarak dan kecepatan








No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.