JADWAL
PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3
Pertemuan
Ke-
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
Memahami konsep segi
empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah
2. Mengaplikasikan
sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah
3. Mengaplikasikan
sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah
4. Menghitung
keliling dan luas bangun jajar genjang
5. Menghitung
keliling dan luas bangun persegi
panjang
6. Menghitung
keliling dan luas bangun belah ketupat
|
2
|
Memahami konsep segi
empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat persegi
untuk menyelesaikan masalah
2.
Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium
untuk menyelesaikan masalah
3.
Mengaplikasikan sifat-sifat
layang-layang untuk menyelesaikan masalah
4.
Menghitung keliling dan luas bangun
persegi
5.
Menghitung keliling dan luas
bangun trapesium
6.
Menghitung keliling dan luas bangun
layang-layang
|
3
|
Memahami konsep segi
empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga
untuk menyelesaikan masalah
2.
Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga
3.
Menghitung keliling bangun segi tiga
4.
Menghitung luas bangun segi tiga
|
4
|
Menerapkan dalil
Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari.
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menemukan
dalil Pytagoras
2. Membuktikan
dalil Pythagoras
3. Menggunakan
dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
4.
Memecahkan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan dalil Pythagoras
|
5
|
Memahami kesebangunan
bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
konsep kesebangunan
2. Mengaplikasikan
kesebangunan dengan sudut yang berelasi
3. Mengidentifikasi
bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
4. Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
5. Menggunakan
konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
6
|
Menentukan unsur, bagian
lingkaran serta pengukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan unsur-unsur lingkaran.
2.
Menentukan bagian-bagian lingkaran
3.
Menghitung nilai phi (
4.
Menghitung keliling lingkaran.
5.
Menghitung luas lingkaran
6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling dan luas lingkaran.
7.
Menggunakan hubungan sudut pusat,
panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
|
7
|
Menggunakan sistem koordinat
dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1. Membuat
denah letak benda
2. Mengenal
koordinat posisi sebuah benda
3. Menentukan
posisi titik dalam sistem koordinat Cartesius
4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sistem koordinat Cartesius
|
8
|
Memahami sifat-sifat
kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat
kubus serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus
3.
Membuat jaring-jaring kubus
4.
Menghitung luas permukaan kubus
5.
Menghitung volume kubus
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan
sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.
Membuat jaring-jaring balok
9.
Menghitung luas permukaan balok
10. Menghitung
volume balok
|
9
|
Memahami sifat-sifat
kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan
sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
3.
Membuat jaring-jaring prisma
4.
Menghitung luas permukaan prisma
5.
Menghitung volume prisma
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan
sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
8.
Membuat jaring-jaring limas
9.
Menghitung luas permukaan limas
10. Menghitung volume limas
|
10
|
Memahami sifat-sifat
tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan
sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung
3.
Membuat jaring-jaring tabung
4.
Menghitung luas permukaan tabung
5.
Menghitung volume tabung
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan
sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut
8.
Membuat jaring-jaring kerucut
9.
Menghitung luas permukaan kerucut
10. Menghitung
volume kerucut
11. Mengidentifikasi
unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya
12. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola
13. Menghitung
luas permukaan bola
14. Menghitung
volume bola
|
11
|
Memahami jarak, waktu dan kecepatan
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan konsep waktu
2.
Menjelaskan konsep jarak
3.
Menjelaskan konsep kecepatan
4.
Menjelaskan hubungan antara waktu,
jarak dan kecepatan
5.
Menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan waktu, jarak dan kecepatan
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.