JADWAL PRESENTASI MATA
KULIAH MATEMATIKA 1
Pertemuan
Ke-
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
Memahami definisi dan
karakteristik matematika serta implikasinya terhadap pembelajaran matematika
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan sejarah perkembangan matematika
2.
Menjelaskan definisi matematika
3.
Menjelaskan keabstrakan objek kajian matematika
4.
Menjelaskan pengertian bahwa matematika bertumpu pada
kesepakatan
5.
Menjelaskan pengertian bahwa matematika berpola pikir
deduktif
6.
Menjelaskan pengertian bahwa simbol dalam matematika
kosong dari arti
7.
Menjelaskan pengertian bahwa matematika memperhatikan
semesta pembicaraan
8.
Menjelaskan
pengertian bahwa matematika konsisten dalam sistemnya
|
2
|
Memahami karakteristik matematika sekolah dan implikasinya terhadap pembelajaran
matematika
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan pengetian matematika sekolah
2.
Membandingkan karakteristik matematika dan matematika
sekolah
3.
Membandingkan pola pikir induktif dan pola pikir deduktif
pada matematika sekolah
4.
Memberikan contoh pembatasan semesta pada matematika
sekolah
5.
Menjelaskan implikasi karakteristik matematika sekolah
terhadap pembelajaran matematika
6.
Membandingkan model penyajian matematika di tingkat RA/TK,
MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA
|
3
|
Memahami pernyataan, bukan pernyataan,
negasi, dan pernyataan majemuk serta negasinya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan
2.
Membuat negasi dari suatu pernyataan
3.
Membuat contoh kalimat majemuk bentuk konjungsi
4.
Membuat contoh kalimat majemuk bentuk disjungsi
5.
Membuat contoh kalimat
majemuk bentuk implikasi
6.
Membuat contoh kalimat majemuk bentuk biimplikasi
7.
Menentukan nilai kebenaran penyataan majemuk bentuk
konjungsi
8.
Menentukan nilai kebenaran penyataan majemuk bentuk
disjungsi
9.
Menentukan nilai kebenaran penyataan
majemuk bentuk implikasi
10. Menentukan nilai kebenaran penyataan majemuk bentuk
biimplikasi
|
4
|
Memahami pernyataan,
bukan pernyataan, negasi, dan pernyataan majemuk serta negasinya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan negasi pernyataan majemuk bentuk konjungsi
2.
Menentukan negasi pernyataan majemuk bentuk disjungsi
3.
Menentukan negasi pernyataan majemuk bentuk implikasi
4.
Menentukan negasi pernyataan majemuk bentuk biimplikasi
5.
Menentukan konvers dari pernyataan majemuk bentuk
implikasi
6.
Menentukan invers dari pernyataan majemuk bentuk
implikasi
7.
Menentukan kontraposisi dari pernyataan majemuk bentuk
implikasi
8.
Menyelidiki apakah suatu suatu pernyataan merupakan
tautologi atau kontradiksi
9.
Membuktikan dua
pernyataan yang ekuivalen
|
5
|
Memahami pernyataan
berkuantor, penalaran dalam matematika dan
metode pembuktian dalam matematika
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1. Membuat contoh
pernyataan berkuantor
2.
Menentukan nilai kebenaran penyataan berkuantor
3.
Menentukan negasi pernyataan berkuantor
4.
Menggunakan penalaran matematika untuk menarik suatu
simpulan
5.
Membuktikan suatu pernyataan (teorema) dengan cara
pembuktian langsung
6.
Membuktikan suatu pernyataan (teorema) dengan
pembuktian tidak langsung
7.
Membuktikan suatu teorema dengan pembuktian induksi
matematika
8.
Mengaplikasikan metode pembuktian dalam
matematika.
|
6
|
Menjelaskan pengertian dasar dan
cara penyajian himpunan dan diagram Venn serta
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan pengertian himpunan
2.
Menentukan anggota-anggota himpunan
3.
Menjelaskan cara penyajian suatu himpunan
4.
Menentukan himpunan kosong dan himpunan semesta
1.
Menggambar dan menggunakan diagram Venn
2.
Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
3.
Menjelaskan kesamaan dua buah himpunan
4.
Menentukan himpunan yang berpotongan dari dua himpunan
atau lebih
5.
Menjelaskan himpunan lepas
|
7
|
Menjelaskan operasi pada
himpunan dan sifat-sifat operasi
himpunan serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan gabungan himpunan
2.
Menentukan irisan himpunan
3.
Menentukan komplemen himpunan
4.
Menentukan selisih dua himpunan
5.
Menjelaskan sifat-sifat operasi himpunan
|
8
|
Menjelaskan penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan linier serta mampu menerapkannya pada permasalahan kontekstual
sehari-sehari
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menyelesaikan persamaan linier
2.
Mengaplikasikan persamaan linier dalam permasalahan
kontekstual
3.
Menyelesaikan pertidaksamaan linier
4.
Menyatakan penyelesaian pertidaksamaan linier dengan
notasi pembentuk himpunan
5.
Menyatakan penyelesaian
pertidaksamaan linier dengan garis bilangan
|
9
|
Menjelaskan penyelesaian persamaan kuadrat dan jenis penyelesaian
persamaan kuadrat.
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
2.
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapkan
kuadrat
3.
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan rumus
4.
Menentukan jenis penyelesaian persamaan kuadrat dilihat
dari nilai diskriminan
|
10
|
Menjelaskan konsep relasi beserta aturan
relasi dan fungsi
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan pengertian relasi
2.
Memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, hal-hal
yang berkaitan dengan relasi
3.
Menyatakan relasi dengan diagram panah
4.
Menyatakan relasi dengan himpunan pasangan terurut
5.
Menentukan domain, kodomain, dan range suatu relasi
6.
Menentukan aturan relasi
7.
Menyebutkan sifat-sifat yang dimiliki oleh suatu relasi
8.
Menjelaskan pengertian fungsi
9.
Membedakan antara fungsi dan relasi
10. Menentukan domain, kodomain,
dan range suatu fungsi
|
11
|
Menjelaskan fungsi linier
sebagai konsep paling sederhana dari suatu fungsi
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan titik potong dengan sumbu x dan sumbu y suatu grafik
fungsi linier
2.
Menentukan gradien (kemiringan) suatu fungsi linier
3.
Menggambar grafik suatu fungsi linier
4.
Menentukan persamaan garis yang melalui sebuah titik
dan memiliki gradien tertentu
5.
Menentukan persamaan garis yang melalui dua buah titik
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.