DESKRIPSI
MATA KULIAH
MATA KULIAH: MATEMATIKA 3
Matakuliah
|
:
|
Matematika 3
|
|||
Kode Matakuliah
|
:
|
GMI.4.3.39
|
|||
Program Studi
|
:
|
PGMI
|
|||
Bobot sks
|
:
|
3 SKS
|
|||
Semester
|
:
|
IV (empat)
|
|||
Elemen Kompetensi
|
:
|
MKB (Matakuliah
Kemampuan Berkarya)
|
|||
Jenis Kompetensi
|
:
|
UTAMA
|
|||
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menguasai materi matematika untuk geometri bangun datar sebagai dasar untuk pembelajaran matematika di MI. |
|||
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Memahami konsep segi
empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah
2.
Mengaplikasikan sifat-sifat persegi
panjang untuk menyelesaikan masalah
3.
Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat
untuk menyelesaikan masalah
4.
Mengaplikasikan sifat-sifat persegi
untuk menyelesaikan masalah
5.
Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium
untuk menyelesaikan masalah
6.
Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang
untuk menyelesaikan masalah
7.
Menghitung keliling dan luas bangun jajar genjang
8.
Menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang
9.
Menghitung keliling dan luas bangun belah ketupat
10.
Menghitung keliling dan luas bangun
persegi
11.
Menghitung keliling dan luas bangun trapesium
12. Menghitung
keliling dan luas bangun layang-layang
|
2.
|
Memahami konsep segi
empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga
untuk menyelesaikan masalah
2.
Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga
3.
Menghitung keliling bangun segi tiga
4.
Menghitung luas bangun segi tiga
|
3.
|
Menerapkan dalil
Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari.
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menemukan dalil Pytagoras
2.
Membuktikan dalil Pythagoras
3.
Menggunakan dalil Pythagoras untuk
menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
4.
Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil
Pythagoras
|
4.
|
Memahami kesebangunan
bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan konsep kesebangunan
2.
Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut
yang berelasi
3.
Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang
sebangun dan kongruen
4.
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga
sebangun dan
kongruen
5.
Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
5.
|
Menentukan unsur, bagian
lingkaran serta pengukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menentukan unsur-unsur lingkaran.
2.
Menentukan bagian-bagian lingkaran
3.
Menghitung nilai phi ()
4.
Menghitung keliling lingkaran.
5.
Menghitung luas lingkaran
6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
|
6.
|
Menentukan sudut pusat, sudut keliling dan garis
singgung lingkaran
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menentukan besarnya sudut pusat
dan sudut keliling suatu lingkaran
2.
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busurdan luas
juring dalam pemecahan masalah.
3.
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua
lingkaran.
|
7.
|
Menggunakan sistem
koordinat dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Membuat denah letak benda
2.
Mengenal koordinat posisi sebuah benda
3.
Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinat Cartesius
4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem koordinat Cartesius
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Menguasai materi matematika untuk geometri bangun ruang sebagai dasar untuk pembelajaran matematika di MI. |
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
8.
|
Memahami sifat-sifat
kubus dan balok serta serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat kubus
serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus
3.
Membuat jaring-jaring kubus
4.
Menghitung luas permukaan kubus
5.
Menghitung volume kubus
6.
Mengidentifikasi sifat-sifat balok
serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.
Membuat jaring-jaring balok
9.
Menghitung luas permukaan balok
10.
Menghitung volume balok
|
9.
|
Memahami sifat-sifat prisma dan limas serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat prisma
serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
3.
Membuat jaring-jaring prisma
4.
Menghitung luas permukaan prisma
5.
Menghitung volume prisma
6.
Mengidentifikasi sifat-sifat limas
serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
8.
Membuat jaring-jaring limas
9.
Menghitung luas permukaan limas
10.
Menghitung volume limas
|
10.
|
Memahami sifat-sifat
tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Mengidentifikasi sifat-sifat tabung
serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung
3.
Membuat jaring-jaring tabung
4.
Menghitung luas permukaan tabung
5.
Menghitung volume tabung
6.
Mengidentifikasi sifat-sifat kerucut
serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan
sehari-hari yang berbentuk kerucut
8.
Membuat jaring-jaring kerucut
9.
Menghitung luas permukaan kerucut
10. Menghitung
volume kerucut
11. Mengidentifikasi
sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya
12. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola
13. Membuat
jaring-jaring bola
14. Menghitung
luas permukaan bola
15.
Menghitung volume bola
|
11.
|
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
2.
Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
|
12.
|
Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam
pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
2.
Menentukan besar sudut dengan satuan derajat
3.
Menentukan hubungan antar satuan panjang
4.
Menentukan hubungan antar satuan berat
5.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan
satuan panjang
6.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan
satuan berat
|
13.
|
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan
kecepatan dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan
mahasiswa dan mahasiswi diharapkan
mampu:
1.
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.
Melakukan operasi hitung satuan waktu
3.
Melakukan pengukuran sudut
4.
Mengenal satuan jarak dan kecepatan
5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu,
jarak dan kecepatan
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.