Saturday 1 March 2014

DESKRIPSI MATA KULIAH MATEMATIKA 3




DESKRIPSI MATA KULIAH
MATA KULIAH: MATEMATIKA 3

Matakuliah
:
Matematika 3

Kode Matakuliah
:
GMI.4.3.39

Program Studi
:
PGMI

Bobot sks
:
3 SKS

Semester
:
IV (empat)

Elemen Kompetensi
:
MKB (Matakuliah Kemampuan Berkarya)

Jenis Kompetensi
:
UTAMA
Standar Kompetensi
:

1.      Menguasai materi matematika untuk geometri bangun datar sebagai dasar untuk pembelajaran matematika di MI.








No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah
2.        Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah
3.        Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah
4.        Mengaplikasikan sifat-sifat persegi untuk menyelesaikan masalah
5.        Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah
6.        Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah
7.        Menghitung keliling dan luas bangun  jajar genjang
8.        Menghitung keliling dan luas bangun  persegi panjang
9.        Menghitung keliling dan luas bangun  belah ketupat
10.    Menghitung keliling dan luas bangun persegi
11.    Menghitung keliling dan luas bangun  trapesium
12.    Menghitung keliling dan luas bangun layang-layang
2.
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga untuk menyelesaikan masalah
2.        Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga
3.        Menghitung keliling bangun segi tiga
4.        Menghitung luas bangun segi tiga
3.
Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari.
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Menemukan dalil Pytagoras
2.        Membuktikan dalil Pythagoras
3.        Menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
4.        Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras
4.
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Menjelaskan konsep kesebangunan
2.        Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut yang berelasi
3.        Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
4.        Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
5.        Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
5.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Menentukan unsur-unsur lingkaran.
2.        Menentukan bagian-bagian lingkaran
3.        Menghitung nilai phi ()
4.        Menghitung keliling lingkaran.
5.        Menghitung luas lingkaran
6.        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
6.
Menentukan sudut pusat, sudut keliling dan garis singgung lingkaran
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Menentukan besarnya sudut pusat dan sudut keliling  suatu lingkaran
2.        Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busurdan luas juring dalam pemecahan masalah.
3.        Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran.
7.
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Membuat denah letak benda
2.        Mengenal koordinat posisi sebuah benda
3.        Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Cartesius
4.        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem koordinat Cartesius

Standar Kompetensi
:

2.      Menguasai materi matematika untuk  geometri bangun ruang sebagai dasar untuk pembelajaran matematika di MI.


No.
Kompetensi Dasar
Indikator
8.
Memahami sifat-sifat kubus dan balok serta serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Mengidentifikasi sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya
2.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus
3.        Membuat jaring-jaring kubus
4.        Menghitung luas permukaan kubus
5.        Menghitung volume kubus
6.        Mengidentifikasi sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya
7.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.        Membuat jaring-jaring balok
9.        Menghitung luas permukaan balok
10.    Menghitung volume balok
9.
Memahami sifat-sifat  prisma dan limas serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Mengidentifikasi sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya
2.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
3.        Membuat jaring-jaring prisma
4.        Menghitung luas permukaan prisma
5.        Menghitung volume prisma
6.        Mengidentifikasi sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya
7.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
8.        Membuat jaring-jaring limas
9.        Menghitung luas permukaan limas
10.    Menghitung volume limas
10.
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Mengidentifikasi sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya
2.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung
3.        Membuat jaring-jaring tabung
4.        Menghitung luas permukaan tabung
5.        Menghitung volume tabung
6.        Mengidentifikasi sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya
7.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut
8.        Membuat jaring-jaring kerucut
9.        Menghitung luas permukaan kerucut
10.    Menghitung volume kerucut
11.    Mengidentifikasi sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya
12.    Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola
13.    Membuat jaring-jaring bola
14.    Menghitung luas permukaan bola
15.    Menghitung volume bola
11.
Menggunakan  pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.        Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
2.        Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
12.
Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.  Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
2.  Menentukan besar sudut dengan satuan  derajat
3.  Menentukan hubungan antar satuan panjang
4.  Menentukan hubungan antar satuan berat
5.  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan  panjang
6.  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan berat
13.
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:
1.  Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.  Melakukan operasi hitung satuan waktu
3.  Melakukan pengukuran sudut
4.  Mengenal satuan jarak dan kecepatan
5.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.