DESKRIPSI MATA
KULIAH
TEORI BILANGAN
Mata Kuliah
|
:
|
Teori Bilangan
|
Bobot SKS
|
:
|
2 SKS
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
|
Konsentrasi
|
:
|
Matematika
|
Semester
|
:
|
VI
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan teori bilangan serta pembelajarannya
di SD/MI
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Mahasiswa mampu memahami pengertian barisan dan basis bilangan
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Memberikan pengertian barisan bilangan dan deret
bilangan
2. Membedakan antara barisan bilangan dan deret bilangan
3. Menentukan pola suatu barisan bilangan
4. Menentukan suku ke-n dari suatu deret bilangan
5. Menentukan jumlah n suku pertama dari suatu deret
bilangan
6. Mengurutkan bilangan berbasis non-sepuluh
7. Mengkonversikan suatu bilangan berbasis tertentu ke
basis lainnya
8. Menentukan hasil penjumlahan buah bilangan berbasis
non-sepuluh
9. Menentukan hasil pengurangan buah bilangan berbasis
non-sepuluh
10. Menentukan hasil perkalian buah bilangan berbasis
non-sepuluh
11. Menentukan hasil pembagian buah bilangan berbasis
non-sepuluh
|
2.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan bulat, operasi hitung bilangan bulat
dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat serta cara pembelajarannya
di SD/MI
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian bilangan bulat
2. Menggambarkan bilangan bulat pada garis bilangan
3. Memahami operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pada
garis bilangan
4. Memahami operasi hitung penjumlahan bilangan bulat
dengan alat peraga tertentu
5. Memahami sifat operasi hitung penjumlahan bilangan
bulat
6. Memahami operasi hitung pengurangan bilangan bulat pada
garis bilangan
7. Memahami operasi hitung pengurangan bilangan bulat
dengan alat peraga tertentu
8. Memahami sifat operasi hitung pengurangan bilangan
bulat
9. Memahami operasi hitung perkalian bilangan bulat pada
garis bilangan
10. Memahami sifat operasi hitung perkalian bilangan bulat
11. Memahami operasi hitung pembagian bilangan bulat
12. Memahami sifat operasi hitung pembagian bilangan bulat
|
3.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan desimal, operasi hitung bilangan
desimal serta cara pembelajarannya di
SD/MI
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian bilangan desimal
2. Menjelaskan nilai tempat dari pecahan desimal
3. Mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan desimal
dan sebaliknya
4. Menyebutkan pecahan desimal berakhir dan pecahan desimal
berulang
5. Mengurutkan pecahan desimal dari yang terkecil ke yang
terbesar dan sebaliknya
6. Menjelaskan
penjumlahan dan sifat operasi hitung penjumlahan pada bilangan desimal
7. Menjelaskan
pengurangan dan sifat operasi hitung pengurangan pada bilangan desimal
8. Menjelaskan
perkalian dan sifat operasi hitung perkalian pada bilangan desimal
9. Menjelaskan
pembagian dan sifat operasi hitung pembagian pada bilangan desimal
10. Menentukar akar dari suatu bilangan
11. Menentukan pangkat dari pecahan desimal
12. Mengubah penulisan bilangan ke dalam bentuk baku ilmiah
|
4.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan keterbagian pada bilangan bulat dan beberapa
sifatnya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Memberikan alas an mengapa suatu bilangan bulat dapt
(habis) dibagi atau tidak dapat dibagi oleh bilangan bulat lainnya
2. Menggunakan sifat-sifat keterbagian untuk menentukan
apakah suatu bilangan bulat dapat membagi bilangan bulat lain dalam bentuk
peubah x dan y
3. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 2
4. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 3
5. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 4
6. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 5
7. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 6
8. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 7
9. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 8
10. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 9
11. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 10
12. Menggunakan uji keterbagian untuk menentukan apakah
suatu bilangan bulat dapat dibagi oleh 11
|
5.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan prima dan bilangan berpangkat
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian bilangan prima dan bilangan
komposit
2. Menentukan apakah bilangan bulat yang lebih besar dari
satu termasuk bilangan prima atau komposit
3. Menentukan faktorisasi dari bilangan komposit
4. Menentukan faktorisasi prima dari bilangan komposit
5. Mentukan banyaknya faktor dari suatu bilangan kompos
6. Menentukan apakah suatu penyataan yang melibatkan
bilangan berpangkat benar atau salah
7. Menentukan bentuk paling sederhana dari bilangan
berpangkat tertentu
8. Menyelesaikan persamaan sederhana yang melibatkan
bilangan berpangkat
9. Menyelesaikan pertidaksamaan sederhana yang melibatkan
bilangan berpangkat
10. Menelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
melibatkan bilangan berpangkat
|
6.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan bilangan dalam bentuk persen, rasio dan
proporsi serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menggunakan bilangan dalam bentuk persen yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan masalah matematika
2. Menggunakan bilangan dalam bentuk rasio yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan masalah matematika
3. Menggunakan bilangan dalam bentuk proporsi yang berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari dan masalah matematika
4. Menunjukkan hubungan antara persen, rasio dan proporsi
|
7.
|
Mahasiswa mampu memahami faktor persekutuan terbesar dan kelipatan
persekutuan terkecil serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Memahami konsep faktor suatu bilangan
2. Menentukan faktor persekutuan terbesar dari dua buah
bilangan atau lebih
3. Menerapkan konsep faktor persekutuan terbesar dalam
kehidupan sehari-hari
4. Menentukan kombinasi linear dari suatu faktor persekutuan
terbesar dengan menentukan nilai dan y
jika diketahui faktor persekutuan terbesar (a, b) = ax + by
5. Menentukan faktor persekutuan terbesar dari suatu
pasangan jika faktor persekutuan terbesar dari bilangan yang lain diketahui
6. Memahami konsep kelipatan suatu bilangan
7. Menentukan kelipatan persekutuan terkecil dari dua buah
bilangan atau lebih
8. Menerapkan konsep kelipatan persekutuan terkecil dalam
kehidupan sehari-hari
9.
Menentukan kelipatan persekutuan terkecil dari suatu pasangan bilangan
dengan menggunakan hubungan antara faktor persekutuan terbesar kelipatan
persekutuan terkecil
|
8.
|
Mahasiswa mampu memahami aritmatika jam dan aritmatika modular
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menentukan hasil operasi penjumlahan dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
2. Menentukan hasil operasi pengurangan dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
3. Menentukan hasil operasi perkalian dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
4. Menentukan hasil operasi pembagian dalam jam 12-an,
5-an dan 7-an
5. Menentukan nilai x jika x o m (mod n) jika m dan n bilangan-bilangan yang diketahui
6. Menentukan nilai x jika m o x (mod n) jika m dan n bilangan-bilangan yang
diketahui
7. Menentukan nilai x jika m o n (mod x) jika m dan n bilangan-bilangan yang diketahui
8.
Menentukan sisa hasil suatu pembagian
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.