Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan
dongeng yang dilisankan
|
1.1 Membedakan
berbagai bunyi bahasa
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah
atau petunjuk sederhana
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamasi
|
2.1 Memperkenalkan
diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.2 Menyapa
orang lain dengan menggunakan
kalimat sapaan yang tepat dan bahasa
yang santun
2.3 Mendeskipsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana
2.4 Mendeklamasikan
puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
Membaca
3.
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
|
3.1 Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2 Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal
dan intonasi yang tepat
|
Menulis
4.
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi,
dan menyalin
|
4.1 Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf
4.3 Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar
4.4 Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
|
Kelas I,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan
dongeng
|
5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di
sekitar
5.2 Menyebutkan isi dongeng
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
|
6.1 Menjelaskan
isi gambar tunggal atau gambar seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
6.2 Melakukan
percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
6.3 Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang
suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
6.4 Memerankan tokoh
dongeng atau cerita rakyat yang
disukai dengan ekspresi yang sesuai
|
Membaca
7.
Memahami teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak
|
7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi
yang tepat
|
Menulis
8.
Menulis permulaan dengan huruf
tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan
menyalin
|
8.1 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
8.2 Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung
|
Kelas II,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
|
1.1 Menyebutkan
kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri isi teks pendek
1.2 Mendeskripsikan
isi puisi
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi
|
2.1 Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang mudah dipahami orang lain
2.3 Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca
3.
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
|
3.1
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
yang dibaca dengan membaca lancar
3.2
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
|
Menulis
4.
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
|
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
4.2 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik
|
Kelas II,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami pesan pendek dan dongeng
yang dilisankan
|
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain
5.2 Menceritakan
kembali isi dongeng yang didengarnya
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan
benda dan bercerita
|
6.1 Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah dipahami orang lain
6.2 Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri
|
Membaca
7.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam
hati
|
7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi
yang tepat
7.2 Menyebutkan isi teks agak
panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
|
Menulis
8.
Menulis permulaan dengan mendeskripsikan
benda di sekitar dan menyalin puisi anak
|
8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara
sederhana dengan bahasa tulis
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
|
1.1 Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan tanggapan/saran
|
2.1 Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
2.3 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
|
Membaca
3.
Memahami teks dengan membaca
nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
|
3.1 Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menjelaskan
isi teks (100- 150 kata) melalui
membaca intensif
3.3 Menceritakan
isi dongeng yang dibaca
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
4.1 Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
4.2 Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami cerita dan teks drama
anak yang dilisankan
|
5.1 Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
5.2 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
|
6.1 Melakukan
percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan
kalimat ringkas
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami,
dilihat, atau didengar
|
Membaca
7.
Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi
|
7.1 Menjawab dan
atau mengajukan pertanyaan tentang isi
teks agak panjang (150-200 kata) yang
dibaca secara intensif
7.2 Membaca
puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
yang tepat
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
8.1 Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan
tanda titik
8.2 Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.