Saturday 24 March 2012

SK KD BAHASA INDONESIA SD/MI

Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.        Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan

1.1   Membedakan berbagai bunyi bahasa 
1.2   Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.3   Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Berbicara
2.        Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi  


2.1   Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.2   Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.3   Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan  fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
2.4   Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
Membaca
3.        Memahami teks pendek dengan membaca nyaring 


3.1   Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2   Membaca nyaring kalimat  sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
4.        Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin 

4.1   Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.2   Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.3   Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
4.4   Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
            Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas


Kelas I, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.        Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng 

5.1   Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
5.2   Menyebutkan  isi dongeng
Berbicara
6.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng 


6.1   Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri  sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
6.2   Melakukan percakapan  sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
6.3   Menyampaikan rasa suka atau tidak suka  tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
6.4   Memerankan  tokoh  dongeng atau cerita rakyat  yang disukai dengan ekspresi yang sesuai

Membaca

7.        Memahami teks pendek dengan membaca  lancar dan membaca puisi anak


7.1   Membaca  lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2   Membaca  puisi anak yang terdiri  atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8.        Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin  

8.1   Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung
8.2   Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.        Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

1.1   Menyebutkan kembali dengan  kata-kata atau kalimat  sendiri isi teks pendek   
1.2   Mendeskripsikan isi puisi
Berbicara
2.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi


2.1     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan  pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
2.2     Menceritakan kegiatan sehari-hari  dengan bahasa yang  mudah dipahami orang lain
2.3     Mendeklamasikan puisi dengan  ekspresi yang tepat
Membaca
3.        Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak 


3.1     Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)  yang dibaca dengan membaca lancar 
3.2     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
Menulis
4.        Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan   dikte

4.1     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
4.2     Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru  dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik

Kelas II, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.        Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan

5.1     Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain
5.2     Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya  
Berbicara
6.        Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan  bercerita


6.1     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
6.2     Menceritakan kembali cerita  anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
Membaca
7.        Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati 


7.1     Membaca nyaring teks  (15-20 kalimat)  dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
7.2     Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati  
Menulis
8.        Menulis permulaan dengan mendeskripsikan  benda di sekitar dan menyalin puisi anak


8.1     Mendeskripsikan  tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan  bahasa tulis
8.2     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi


Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.        Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan


1.1   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
Berbicara
2.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran  

2.1   Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut  dan mudah dipahami 
2.2   Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami 
2.3   Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
Membaca
3.        Memahami teks  dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng


3.1   Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat 
3.2   Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui   membaca intensif
3.3   Menceritakan isi dongeng yang dibaca  
Menulis
4.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam bentuk paragraf dan puisi


4.1   Menyusun paragraf berdasarkan  bahan   yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.2   Melengkapi puisi anak  berdasarkan gambar

Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.        Memahami cerita  dan teks drama anak yang dilisankan


5.1   Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
5.2   Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak  yang didengarnya 
Berbicara
6.        Mengungkapkan pikiran,  perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan  bertelepon dan bercerita


6.1   Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
6.2   Menceritakan peristiwa  yang pernah dialami, dilihat, atau didengar 
Membaca
7.        Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi

7.1   Menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200  kata) yang dibaca secara intensif
7.2   Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi  yang tepat
Menulis
8.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

8.1   Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
8.2   Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.