A. Latar belakang
Matematika merupakan ilmu
universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting
dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan
komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori
bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di
masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika
perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk
membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis,
kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut
diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola,
dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu
berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan
pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu
dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam
pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan
simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan
masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah
tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal,
dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan
memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat
model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan,
pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai
dengan situasi (contextual problem).
Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing
untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran,
sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti
komputer, alat peraga, atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan
antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat,
efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan
manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau
menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika
3.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami
masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi
yang diperoleh
4.
Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram,
atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam
kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam
mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
masalah
C. Ruang lingkup
Mata pelajaran Matematika
pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Bilangan
2. Geometri dan pengukuran
3. Pengolahan data.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
|
1.1 Membilang banyak benda
1.2 Mengurutkan banyak benda
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
1.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
sampai 20
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
|
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang,
malam), hari, dan jam (secara bulat)
2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui
kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
2.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
|
3. Mengenal beberapa bangun ruang
|
3.1 Mengelompokkan berbagai bangun ruang
sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
3.2 Menentukan urutan benda-benda ruang yang
sejenis menurut besarnya
|
Kelas I,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
|
4.1 Membilang banyak benda
4.2 Mengurutkan banyak benda
4.3 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan dua angka
4.5 Menggunakan sifat operasi pertukaran dan
pengelompokan
4.6
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
bilangan dua angka
|
Geometri dan Pengukuran
5. Menggunakan pengukuran berat
|
5.1 Membandingkan berat benda (ringan, berat)
5.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
|
6. Mengenal bangun datar sederhana
|
6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan
lingkaran
6.2
Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
|
1.1 Membandingkan bilangan sampai 500
1.2 Mengurutkan bilangan sampai 500
1.3 Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan,
dan satuan
1.4 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan
berat dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan
jam
2.2 Menggunakan alat ukur panjang tidak baku
dan baku (cm, m) yang sering digunakan
2.3 Menggunakan alat ukur berat
2.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan
sampai dua angka
|
3.1 Melakukan perkalian bilangan yang
hasilnya bilangan dua angka
3.2 Melakukan pembagian bilangan dua angka
3.3 Melakukan
operasi hitung campuran
|
Geometri dan Pengukuran
4. Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana
|
4.1 Mengelompokkan bangun datar
4.2 Mengenal sisi-sisi bangun datar
4.3 Mengenal sudut-sudut bangun datar
|
Kelas
III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga
angka
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan
tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
1.5 Memecahkan
masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan
pengu-kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
|
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
(meteran, timbangan, atau jam)
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan
masalah
2.3 Mengenal
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
|
Kelas
III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
3. Memahami pecahan sederhana dan
penggu-naannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Mengenal
pecahan sederhana
3.2 Membandingkan pecahan sederhana
3.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pecahan sederhana
|
Geometri dan Pengukuran
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
|
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar
sederhana menurut sifat atau unsurnya
4.2
Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut
|
5. Menghitung keliling, luas persegi dan
persegi panjang, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi
panjang
5.2 Menghitung luas persegi dan persegi
panjang
5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
Kelas
IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Memahami dan menggu-nakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi
hitung
1.2 Mengurutkan bilangan
1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6 Memecahkan
masalah yang melibatkan uang
|
2. Memahami dan
menggunakan faktor dan keli-patan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan
kelipatan
2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil
(KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
2.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB
|
Geometri dan Pengukuran
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan
berat dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak
baku dan satuan derajat
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
|
4. Menggunakan konsep
keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang
dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan
bulat
|
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat
5.3 Melakukan
operasi hitung campuran
|
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4 Mengurangkan pecahan
6.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan
|
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
|
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan
Romawi dan sebaliknya
|
Geometri dan Pengukuran
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan
hubungan antar bangun datar
|
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang
sederhana
8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun
datar simetris
8.4 Menentukan
hasil pencerminan suatu bangun datar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan
KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan
bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan
FPB
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak,
dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan
notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan
kecepatan
|
3. Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapesium dan
layang-layang
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan luas bangun datar
|
4. Menghitung
volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal
serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
5.4 Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
|
Geometri dan Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan
antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun
ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan
simetri
6.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun
ruang sederhana
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu
bilangan kubik
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan
pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mengenal satuan debit
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan debit
|
3. Menghitung luas segi banyak sederhana,
luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan
gabungan dari dua bangun datar sederhana
3.2 Menghitung luas lingkaran
3.3 Menghitung
volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
|
Pengolahan Data
4. Mengumpulkan dan mengolah data
|
4.1 Mengumpulkan dan membaca data
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk
tabel
4.3 Menafsirkan
sajian data
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bilangan
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu
bilangan atau kuantitas tertentu
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan
masalah perbandingan dan skala
|
Geometri dan Pengukuran
6. Menggunakan sistem koordinat dalam
pemecahan masalah
|
6.1 Membuat denah letak benda
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan
posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
|
Pengolahan Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan
diagram gambar, batang dan lingkaran
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai
tertinggi dan terendah
7.4 Menafsirkan
hasil pengolahan data
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.