Kelas
I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/
aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
2.1
Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri
2.2
Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan
|
3. Mempraktikkan senam lantai sederhana
tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai
percaya diri dan disiplin
3.2
Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya
diri dan disiplin
|
4. Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung
di dalamnya
|
4.1
Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai
disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan
musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1
Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2
Mengenal pentingnya imunisasi
|
Kelas
I, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak
dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah
dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama,
kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
6.2
Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan
sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
6.3
Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam
permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
|
7.
Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
7.1
Membiasakan penampillan sikap tubuh
dalam posisi diam
7.2
Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
8.
Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung
di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan gerakan senam lantai
sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan
pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai
disiplin
|
9.
Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang
terkandung di dalamnya
|
9.1
Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti
bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika
9.2 Menampilkan gerak bebas berirama
diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan/
kelompok kecil, serta nilai estetika
|
10. Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan
air dan nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan aktivitas dasar di air
10.2 Mempraktikkan berbagai permainan di
air dangkal disertai nilai percaya
diri, kebersihan, dan disiplin
|
11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan
sekolah melalui aktivitas jasmani dan
nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan pengenalan lingkungan
sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan
lingkungan
11.2
Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di
lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat
11.3
Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut
12.2 Mengenal makanan sehat
|
Kelas
II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan variasi
gerak dasar melalui permainan dan
aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk
lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama,
toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri
sendiri
1.3
Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan
menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami
diri sendiri
|
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1
Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan
otot lengan dan tungkai dengan mengikuti
aturan
2.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk
melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai disiplin dan estetika
2.3 Membiasakan bergerak dengan benar
|
3. Mempraktikkan senam ketangkasan
dasar dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat: melompat dan
meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
3.2
Mempraktikkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana
dengan percaya diri
|
4. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah
dan ruang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1
Mempraktikkan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara
berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai kerja sama
4.2
Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik,
serta nilai disiplin dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1
Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan telinga
5.2
Memilih makanan bergizi
|
Kelas II , Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan latihan dasar untuk meningkatkan kekuatan otot dada,
otot punggung, dengan mengikuti aturan
6.2
Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih kelentukan persendian anggota badan
bagian atas dengan mengikuti aturan
|
7. Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan dua bentuk senam
ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara, melompati benda
sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan
7.2
Mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan sederhana: berjalan
dan berguling ke depan, memindahkan berat tubuh dari satu titik ke titik yang
lain dengan kontrol yang baik
|
8. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik
diorientasikan dengan arah dan ruang dengan menggunakan atau tanpa musik,
memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan
ruang secara berpasangan, menggunakan atau tanpa musik, serta nilai kerjasama,
dan disiplin
8.2
Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan
ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerjasama, dan
disiplin
|
9. Mempraktikkan gerak dasar
renang, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
9.1 Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
9.2 Mempraktikkan
keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri di air serta memperhatikan faktor
keselamatan diri dan orang lain, serta nilai kebersihan
9.3
Mempraktikkan gerak dasar renang: mengapung, menenggelamkan diri di
dalam air, dan bernapas, serta nilai disiplin
|
10. Mempraktikkan kegiatan jasmani di
lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
10.1 Mempraktikkan berbagai aktivitas fisik
di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan keselamatan
10.2
Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu
dan memperhatikan faktor keselamatan, kerjasama dan disiplin
10.3
Membiasakan menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
|
11. Menerapkan budaya hidup sehat
|
11.1
Menjaga kebersihan tangan dan kaki
11.2
Mengenal cara makan sehat
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak
jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak
mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan
kerja sama
1.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana,serta aturan, dan kerja
sama
|
2. Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani
secara sederhana dan nilai nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot
bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan
untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
|
3. Mempraktikkan gerak
senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta
nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam
ketangkasan dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
4. Mempraktikkan gerak dasar melaului
aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak
dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa
musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
4.2 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan
menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana beregu tanpa atau dengan
iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan
pakaian
5.2 Mengenal kebutuhan
tidur dan istirahat
|
Kelas
III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam
permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordinasi yang baik
dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan badan
dengan koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana,
serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan
bersedia berbagi tempat dan
peralatan dalam bermain
|
7.
Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
7.1
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan
dan kelenturan, serta nilai disiplin, dan keselamatan
7.2
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi
gerak, dan nilai disiplin
|
8. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa alat, dan nilai
disiplin
8.2 Mempraktikkan senam ketangkasan yang
agak kompleks menggunakan alat, dan nilai disiplin,
|
9. Mempraktikkan gerak
ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau
tanpa musik, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak ritmik
diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual dengan atau
tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
9.2
Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktivitas ritmik yang berorientasi pada
arah, ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa menggunakan musik,
serta nilai percaya diri,
disiplin dan kerjasama |
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak
dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai
kebersihan
10.2
Mempraktikkan cara bernapas renang gaya dada dan nilai kebersihan
10.3
Mengkombinasikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai
kebersihan
|
11. Mempraktikkan pemanfaatan lingkungan
sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam
mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan faktor
keselamatan
11.2
Mempraktikkan pemilihan tempat yang
aman untuk bermain di lingkungan sekolah
11.3
Mempraktikkan penjagaan keselamatan
diri dan orang lain selama melakukan aktivitas di lingkungan sekitar sekolah,
dan nilai kebersihan
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam
berdarah dan influenza
12.2 Mengenal cara menggunakan peturasan
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.