Saturday, 24 March 2012

SK KD IPA SD/MI


42.   Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A.  Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar  menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.  Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.  Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi,  dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi  bekerja ilmiah secara bijaksana. 
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.

Kelas I,  Semester   1

Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan


1.  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya

1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.2     Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.3  Membiasakan hidup sehat

2.  Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
2.1  Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
2.2  Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
2.2  Menceritakan perlunya  merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar

Benda dan Sifatnya
3.   Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda


3.1  Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
3.2  Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
3.3  Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar




Kelas  I,  Semester  2
                                              
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Energi dan Perubahannya

4.  Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.1  Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang  sulit bergerak melalui percobaan
4.2  Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas,  dorongan tangan, dan magnet)

Bumi dan Alam Semesta
5.   Mengenal berbagai benda langit  dan peristiwa alam  (cuaca dan musim)  serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.


5.1  Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
5.2  Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
5.3  Membedakan  pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia





Kelas  II,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.  Mengenal bagian-bagian utama  tubuh  hewan  dan tumbuhan,  pertumbuhan hewan dan tumbuhan  serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
1.1     Mengenal  bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
1.2     Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
1.3     Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
1.4     Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan

Benda dan Sifatnya
2.  Mengenal berbagai  bentuk  benda  dan  kegunaannya  serta perubahan wujud yang dapat dialaminya

2.1     Mengidentifikasi  ciri–ciri  benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
2.2     Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda     (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
2.3     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan



Kelas  II, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Energi dan Perubahannya

3.  Mengenal berbagai sumber  energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya

3.1  Mengidentifikasi  sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di  lingkungan sekitar
3.2  Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
          
Bumi dan Alam Semesta
4.  Memahami  peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari


4.1       Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
4.2       Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari


Kelas  III,  Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.       Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup

1.1       Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.2       Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.3       Mendeskripsikan  perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)

2.       Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan   

2.1       Membedakan ciri-ciri lingkungan  sehat dan  lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2       Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
2.3       Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar

Benda dan Sifatnya
3.  Memahami  sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari


3.1  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas

Kelas  III,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Energi dan Perubahannya

4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan  energi dan  sumber energi
4.1  Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
4.2  Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
4.3  Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

5.  Menerapkan konsep energi gerak
5.1  Membuat  kincir angin untuk menunjukkan  bentuk energi angin dapat diubah menjadi  energi gerak
5.2  Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Bumi dan Alam Semesta
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca  dan pengaruhnya bagi manusia, serta  hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam


6.1  Mendeskripsikan kenampakan permukaan        bumi di lingkungan sekitar
6.2  Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca    
6.3  Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
6.4  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.