42. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang
alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat
menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam
sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam
kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian
pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara
ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri
dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh
pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan
dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan
masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.
Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak
buruk terhadap lingkungan. Di tingkat
SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan,
teknologi, dan masyarakat) yang
diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya
melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.
Pembelajaran
IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja
dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan
hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian
pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan
keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di
SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta
didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan
pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik
untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang
difasilitasi oleh guru.
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya,
serta cara perawatannya
|
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta
cara perawatannya
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.3 Membiasakan hidup sehat
|
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
|
2.1 Mengenal
cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
2.2 Membedakan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
2.2 Menceritakan
perlunya merawat tanaman, hewan
peliharaan dan lingkungan sekitar
|
Benda dan
Sifatnya
3. Mengenal berbagai sifat benda dan
kegunaannya melalui pengamatan
perubahan bentuk benda
|
3.1
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan
cirinya melalui pengamatan
3.2 Mengenal
benda yang dapat diubah bentuknya
3.3
Mengidentifikasi kegunaan benda
di lingkungan sekitar
|
Kelas I, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
4. Mengenal berbagai bentuk energi dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Membedakan
gerak benda yang mudah bergerak dengan yang
sulit bergerak melalui percobaan
4.2
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
Bumi dan
Alam Semesta
5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia.
|
5.1 Mengenal
berbagai benda langit melalui pengamatan
5.2 Mengenal
keadaan cuaca di sekitar kita
5.3 Membedakan
pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup
|
1.1
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
1.2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam
ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi
tanaman)
1.3
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan
tempat lainnya)
1.4
Mengidentifikasi makhluk hidup
yang menguntungkan dan membahayakan
|
Benda dan Sifatnya
2. Mengenal berbagai bentuk
benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
|
2.1 Mengidentifikasi ciri–ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
2.2
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung)
akibat dari kondisi tertentu
2.3
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui
pengamatan
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
|
3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
3.2 Mengidentifikasi jenis energi yang paling
sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
|
Bumi dan Alam Semesta
4.
Memahami peristiwa alam dan
pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
4.2
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.3
Mendeskripsikan perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah
raga)
|
2.
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya
menjaga kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak
sehat berdasarkan pengamatan
2.2
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
2.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Benda dan Sifatnya
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran,
bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran,
pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan
kertas
|
Kelas
III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya
dengan energi dan sumber energi
|
4.1 Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
4.2
Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak,
getaran dalam kehidupan sehari-hari
4.3
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
|
5.
Menerapkan konsep energi gerak
|
5.1 Membuat kincir
angin untuk menunjukkan bentuk energi
angin dapat diubah menjadi energi
gerak
5.2
Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Bumi dan
Alam Semesta
6.
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca
dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara
dan melestarikan alam
|
6.1 Mendeskripsikan
kenampakan permukaan bumi di
lingkungan sekitar
6.2 Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca
6.3
Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
6.4
Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam
di lingkungan sekitar
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.