DESKRIPSI MATA KULIAH
MATEMATIKA 3
Nama Mata Kuliah
|
:
|
Matematika 3
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
GMI.4.3.39
|
SKS
|
:
|
3
|
Program Studi
|
:
|
PGMI
|
Semester
|
:
|
IV (Empat)
|
Kelompok Kompetensi
|
:
|
Utama
|
Elemen Kompetensi
|
:
|
MKB (Matakuliah Kemampuan Berkarya)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa mampu menguasai materi geometri bangun datar,
geometri bangun ruang dan pengukuran sebagai dasar dalam pembelajaran
matematika di MI.
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta
menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang
untuk
menyelesaikan masalah
2.
Mengaplikasikan sifat-sifat
persegi panjang untuk menyelesaikan masalah
3.
Mengaplikasikan sifat-sifat
belah ketupat untuk menyelesaikan masalah
4.
Mengaplikasikan sifat-sifat
persegi untuk menyelesaikan masalah
5.
Mengaplikasikan sifat-sifat
trapesium untuk menyelesaikan masalah
6.
Mengaplikasikan sifat-sifat
layang-layang untuk menyelesaikan masalah
7.
Menghitung keliling dan luas
bangun jajar genjang
8.
Menghitung keliling dan luas
bangun persegi panjang
9.
Menghitung keliling dan luas
bangun belah ketupat
10. Menghitung
keliling dan luas bangun persegi
11. Menghitung
keliling dan luas bangun trapesium
12. Menghitung
keliling dan luas bangun layang-layang
|
2.
|
Memahami konsep segi empat dan segi
tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat
segitiga untuk menyelesaikan masalah
2.
Mengenal jenis-jenis bangun
segi tiga
3.
Menghitung keliling bangun segi
tiga
4.
Menghitung luas bangun segi
tiga
|
3.
|
Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah
sehari-hari.
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Menemukan dalil pytagoras.
2.
Membuktikan dalil Pythagoras.
3.
Menggunakan dalil Pythagoras
untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku.
4.
Memecahkan permasalahan
sehari-hari yang berkaitan
dengan dalil Pythagoras
|
4.
|
Memahami kesebangunan bangun datar
dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan konsep kesebangunan
2.
Mengaplikasikan kesebangunan
dengan sudut yang berelasi
3.
Mengidentifikasi bangun-bangun
datar yang sebangun dan kongruen
4.
Mengidentifikasi sifat-sifat
dua segitiga sebangun dan kongruen
5.
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam
pemecahan masalah
|
5.
|
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Menentukan unsur-unsur
lingkaran.
2.
Menentukan bagian-bagian
lingkaran
3.
Menghitung nilai phi
4.
Menghitung keliling lingkaran.
5.
Menghitung luas lingkaran
6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas
lingkaran.
7.
Menggunakan hubungan sudut
pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
|
6.
|
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan
masalah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Membuat denah letak benda
2.
Mengenal koordinat posisi
sebuah benda
3.
Menentukan posisi titik dalam
sistem koordinat Kartesius
4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem koordinat Kartesius
|
7.
|
Memahami sifat-sifat kubus, balok,
prisma, limas dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan
sehari-hari yang berbentuk kubus
3.
Membuat jaring-jaring kubus
4.
Menghitung luas permukaan kubus
5.
Menghitung volume kubus
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur
dan sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.
Membuat jaring-jaring balok
9.
Menghitung luas permukaan balok
10. Menghitung
volume balok
11. Mengidentifikasi
unsur-unsur dan sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya
12. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
13. Membuat
jaring-jaring prisma
14. Menghitung
luas permukaan prisma
15. Menghitung
volume prisma
16. Mengidentifikasi
unsur-unsur dan sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya
17. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
18. Membuat
jaring-jaring limas
19. Menghitung
luas permukaan limas
20. Menghitung volume limas
|
8.
|
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut
dan bola, serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur
dan sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya
2.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung
3.
Membuat jaring-jaring tabung
4.
Menghitung luas permukaan
tabung
5.
Menghitung volume tabung
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur
dan sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut
8.
Membuat jaring-jaring kerucut
9.
Menghitung luas permukaan
kerucut
10. Menghitung
volume kerucut
11. Mengidentifikasi
unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya
12. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola
13. Membuat
jaring-jaring bola
14. Menghitung
luas permukaan bola
15. Menghitung
volume bola
|
9.
|
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, panjang dan berat
dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
1.
Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan atau jam)
2.
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah
3.
Menentukan besar sudut dengan
satuan tidak baku dan satuan derajat
4.
Menentukan hubungan antar satuan
waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat
5.
Menuliskan tanda waktu dengan
menggunakan notasi 24 jam
6.
Melakukan operasi hitung satuan
waktu
7.
Melakukan pengukuran sudut
8.
Mengenal satuan jarak dan
kecepatan
9.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan
|
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.