Monday 18 February 2013

JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3 KELAS PGMI C SEMESTER GENAP 2012/2013

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Penyaji
Waktu
1.
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Agung Widodo
Minggu I
2.        Menghitung keliling dan luas bangun  jajar genjang
M. Shulton R.
3.        Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Rini Juwita
4.        Menghitung keliling dan luas bangun belah ketupat
Ike Ardianti
5.        Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Lailatul Istiqomah
6.        Menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang
Heppy Nur Afriyanti
7.        Mengaplikasikan sifat-sifat persegi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Epi Susanti
Minggu II
8.        Menghitung keliling dan luas bangun persegi
Abdul Khafit J.
9.        Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Hanik’atul Mar’ah
10.    Menghitung keliling dan luas bangun trapesium
Ahmad Sholihin  
11.    Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Aprida Nur Malia
12.    Menghitung keliling dan luas bangun layang-layang
Binti Qoiriyah
2.
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Sutini
Minggu III
2.        Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga
Meinar Anjarsari
3.        Menghitung keliling bangun segi tiga
Selvia Anitasari
4.        Menghitung luas bangun segi tiga
3.
Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Menemukan dalil Pythagoras
Arina Alfi Khoiroh
Minggu IV
2.        Membuktikan dalil Pythagoras
3.        Menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
Nur Azizah
4.        Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras
Yusrin Nihayati
4.
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Menjelaskan konsep kesebangunan
Novita Nurwati
Minggu V
2.        Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut yang berelasi
3.        Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
Ita Kurniawati  
4.        Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
5.        Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah sehari-hari
Yoga Dwi Utami
5.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:



1.        Menentukan unsur-unsur lingkaran.
Linawati
Minggu VI
2.        Menentukan bagian-bagian lingkaran
3.        Menghitung nilai phi
Eka Dewi Novitasari
4.        Menghitung keliling lingkaran.
5.        Menghitung luas lingkaran
6.        Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
Amin Mohammad A. H.
7.        Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Mardliyah Munfarida
6.
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Membuat denah letak benda
Alivatul Nurnandia  
Minggu VII
2.        Mengenal koordinat posisi sebuah benda
3.        Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
Novitasari
4.        Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat Kartesius
7.
Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya
Rosalina Nuriza Andi
Minggu VIII
2.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus
3.        Membuat jaring-jaring kubus
PG. C
4.        Menghitung luas permukaan kubus
Eny Muflikah
5.        Menghitung volume kubus
6.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya
Darianto .
7.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.        Membuat jaring-jaring balok
PG. C
9.        Menghitung luas permukaan balok
Nur Yasin
10.    Menghitung volume balok
11.    Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya

Minggu IX
12.    Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
13.    Membuat jaring-jaring prisma
PG. C
14.    Menghitung luas permukaan prisma

15.    Menghitung volume prisma
16.    Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya

17.    Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
18.    Membuat jaring-jaring limas
PG. C
19.    Menghitung luas permukaan limas

20.    Menghitung volume limas
8.
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya

Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya

Minggu X










2.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung

3.        Membuat jaring-jaring tabung
PG. C
4.        Menghitung luas permukaan tabung

5.        Menghitung volume tabung

6.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya

7.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut

8.        Membuat jaring-jaring kerucut
PG. C
9.        Menghitung luas permukaan kerucut

10.    Menghitung volume kerucut
11.    Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya

12.    Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola

13.    Membuat jaring-jaring bola
PG. C
14.    Menghitung luas permukaan bola

15.    Menghitung volume bola

9.
Menggunakan  pengukuran waktu, sudut, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam)

Minggu XI
2.        Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah

3.        Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

4.        Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat

5.        Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam

6.        Melakukan operasi hitung satuan waktu

7.        Melakukan pengukuran sudut

8.        Mengenal satuan jarak dan kecepatan

9.        Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.