No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Penyaji
|
Waktu
|
1.
|
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan
ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi
diharapkan mampu:
|
||
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
|
Eka Dianawati
|
Minggu I
|
||
2.
Menghitung keliling dan luas bangun jajar genjang
|
Ulfa Nikmaturrohmah
|
|||
3.
Mengaplikasikan sifat-sifat
belah ketupat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
|
Ali Luvia Rosi
|
|||
4.
Menghitung keliling dan luas
bangun belah ketupat
|
Resma Yuliana
|
|||
5.
Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah
dalam kehidupan sehari-hari
|
Lely Astarina
|
|||
6.
Menghitung keliling dan luas
bangun persegi panjang
|
Tri Yulaika
|
|||
7.
Mengaplikasikan sifat-sifat
persegi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
|
Arum Sujiheni
|
Minggu II
|
||
8.
Menghitung keliling dan luas
bangun persegi
|
Muhamat Saifuddin
|
|||
9.
Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari
|
Misrini
|
|||
10. Menghitung keliling dan luas bangun trapezium
|
Rina Rofiqotul Ula
|
|||
11. Mengaplikasikan
sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari
|
Rinawati
|
|||
12. Menghitung
keliling dan luas bangun layang-layang
|
Pinta Terima Yoga
|
|||
2.
|
Memahami konsep segi empat dan segi
tiga serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Mengaplikasikan sifat-sifat
segitiga untuk menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
|
Farikah Ismawati
|
Minggu III
|
||
2.
Mengenal jenis-jenis bangun segi
tiga
|
Wahyu Susanto
|
|||
3.
Menghitung keliling bangun segi
tiga
|
Evi Widyawati
|
|||
4.
Menghitung luas bangun segi tiga
|
||||
3.
|
Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah
sehari-hari
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Menemukan dalil
Pythagoras
|
Primayesti Handa I.
|
Minggu IV
|
||
2.
Membuktikan dalil Pythagoras
|
||||
3.
Menggunakan dalil
Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
|
Ranti Artsilyaningsih
|
|||
4.
Memecahkan permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras
|
Dewi Setia Puspitasari
|
|||
4.
|
Memahami kesebangunan bangun datar
dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Menjelaskan konsep
kesebangunan
|
Intan Ardiati
|
Minggu V
|
||
2.
Mengaplikasikan
kesebangunan dengan sudut yang berelasi
|
||||
3.
Mengidentifikasi
bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
|
Desi Setyo Putri
|
|||
4.
Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
||||
5.
Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah sehari-hari
|
Eka Hayu Nurwati
|
|||
5.
|
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Menentukan unsur-unsur
lingkaran.
|
Awing Munawirul S.
|
Minggu VI
|
||
2.
Menentukan bagian-bagian
lingkaran
|
||||
3.
Menghitung nilai phi
|
Wiji Astutik
|
|||
4.
Menghitung keliling
lingkaran.
|
||||
5.
Menghitung luas lingkaran
|
||||
6.
Menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
|
Ani Dwi Prahastuti
|
|||
7.
Menggunakan hubungan
sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari
|
Ula Masfufatu R.
|
|||
6.
|
Menggunakan sistem koordinat dalam
pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Membuat denah letak benda
|
Dwi Nur Hidayat
|
Minggu VII
|
||
2.
Mengenal koordinat posisi
sebuah benda
|
||||
3.
Menentukan posisi titik dalam
sistem koordinat Kartesius
|
Roudlotul Badi’ah
|
|||
4.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem
koordinat Kartesius
|
||||
7.
|
Memahami sifat-sifat kubus, balok,
prisma, limas dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya
|
Faridhatun Daima
|
Minggu VIII
|
||
2.
Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan
sehari-hari yang berbentuk kubus
|
||||
3.
Membuat jaring-jaring kubus
|
PG. D
|
|||
4.
Menghitung luas permukaan kubus
|
||||
5.
Menghitung volume kubus
|
||||
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat
balok serta bagian-bagiannya
|
||||
7.
Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan
sehari-hari yang berbentuk balok
|
||||
8.
Membuat jaring-jaring balok
|
PG. D
|
|||
9.
Menghitung luas permukaan balok
|
||||
10. Menghitung volume
balok
|
||||
11. Mengidentifikasi
unsur-unsur dan sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya
|
Minggu IX
|
|||
12. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
|
||||
13. Membuat
jaring-jaring prisma
|
PG. D
|
|||
14. Menghitung luas
permukaan prisma
|
||||
15. Menghitung volume
prisma
|
||||
16. Mengidentifikasi
unsur-unsur dan sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya
|
||||
17. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
|
||||
18. Membuat
jaring-jaring limas
|
PG. D
|
|||
19. Menghitung luas
permukaan limas
|
||||
20. Menghitung volume
limas
|
||||
8.
|
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut
dan bola, serta menentukan ukurannya
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya
|
Minggu X
|
|||
2.
Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung
|
||||
3.
Membuat
jaring-jaring tabung
|
PG. D
|
|||
4.
Menghitung
luas permukaan
tabung
|
||||
5.
Menghitung volume tabung
|
||||
6.
Mengidentifikasi unsur-unsur
dan sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya
|
||||
7.
Menunjukkan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut
|
||||
8.
Membuat jaring-jaring kerucut
|
PG. D
|
|||
9.
Menghitung luas permukaan
kerucut
|
||||
10. Menghitung
volume kerucut
|
||||
11. Mengidentifikasi
unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya
|
||||
12. Menunjukkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola
|
||||
13. Membuat
jaring-jaring bola
|
PG. D
|
|||
14. Menghitung
luas permukaan bola
|
||||
15. Menghitung
volume bola
|
||||
9.
|
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, panjang dan berat
dalam pemecahan masalah
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan
mahasiswi diharapkan mampu:
|
||
1.
Memilih alat ukur sesuai dengan
fungsinya (meteran, timbangan atau jam)
|
Minggu XI
|
|||
2.
Menggunakan alat ukur dalam
pemecahan masalah
|
||||
3.
Menentukan besar sudut dengan
satuan tidak baku dan satuan derajat
|
||||
4.
Menentukan hubungan antar
satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat
|
||||
5.
Menuliskan tanda waktu dengan
menggunakan notasi 24 jam
|
||||
6.
Melakukan operasi hitung satuan
waktu
|
||||
7.
Melakukan pengukuran sudut
|
||||
8.
Mengenal satuan jarak dan
kecepatan
|
||||
9.
Menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan
|
Monday 18 February 2013
JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3 KELAS PGMI D SEMESTER GENAP 2012/2013
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.